
Hubungan Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Anas Aprian Rahmat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku bullying dengan motivasi intrinsik siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Ajaran 2015/206 Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Mei s.d 18 Juni 2016 di SMP Negeri 2 Tarakan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil dengan teknik sampling random pengambilan data secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan. Analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan berada pada taraf perilaku bullying tinggi dan perilaku bullying sedang dengan persentase 30%, motivasi intrinsik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan berada pada motivasi intrinsik sedang dengan persentase 38%. Tidak terdapat hubungan antara perilaku bullying dengan motivasi intrinsik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016. karena nilai koefisien korelasi sebesar 0,120, bila hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel= 0,361 pada taraf signifikansi α = 5% dengan N = 40, maka rhitung = 0,108 < rtabel =0,361.
Kata Kunci: Perilaku Bullying, Motivasi Intrinsik
The research question in this research is whether there is a relationship between bullying behavior with intrinsic motivation at SMPN 2 Tarakan in academic years 2015/2016 this research was held at 18 May until 18 June 2016 at SMPN 2 Tarakan. The population of this research is all 2rd grade of SMPN 2 Tarakan students. The sample of the research is 40 students that take by using random sampling technique. Data collection technique in this research using questionnarie dan documentation. Data analisys technique in this research is descriptive and inferential with SPSS 16.0 program for windows. The result of this research was the 2nd grade students’ of SMPN 2 tarakan bullying behavior in high level and middle level with 30%, for intrinsic motivation students’ of 2nd grade at SMPN 2 Tarakan in low intrinsic motivation levels with 38%. There are no relation between intrinsic motivation educate style with 2nd grade of SMPN 2 tarakan students’ independence in learning in academic years 2015/2016. Because the value of correlation coeffisient is 0,120, if this result are compared with rtable=0,361 in significance level α = 5% with n=40, so rhitung = 0,108 < rtabel =0,361. Keywords: Bullying Behavior, Intrisic Motivation