Studi Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Twice Exceptional Di SDN 034 Tarakan Tahun 2014-2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Twice Exceptional Di SDN 034 Tarakan Tahun 2014-2015

Studi Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Twice Exceptional Di SDN 034 Tarakan Tahun 2014-2015

Pengarang : Yuliana Liwu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran anak berkebutuhan khusus kategori twice exceptional. Di SDN 034 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN 034 Tarakan yang berjumlah 20 guru.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: bahwa anak berkebutuhan khusus kategori twice exceptional terlihat pada rekapitulasi hasil penelitian mencapai 80%. Hal ini diukur dari segi pengamatan angket guru dalam melihat anak-anak berkebutuhan khusus kategori twice exceptional, akan tetapi berdasarkan observasi penulis didapatkan hanya beberapa anak saja yang merupakan anak- anak berkebutuhan khusus kategori twice exceptional di SDN 034 Tarakan.
Analisis anak berkebutuhan khusus diharapkan agar guru lebih mengenali anak berkebutuhan khusus bukan hanya anak cacat fisik yang nampak atau mudah dilihat secara fisik tetapi juga psikis.

Kata Kunci: Twice Exceptional, Anak Berkebutuhan Khusus

The objective of research was to describe the children with special needs twice exceptional category in SDN 034 in Tarakan. This research design was a survey descriptive research. The data collection techniques in this research used questionnaire, observation, and documentation. The population in this research was all teachers at SDN 034 Tarakan with total number were 20 teachers. The results were obtained: that children with special needs of twice exceptional category looked at the recapitulation of the results reached 80%. It was measured in terms of the observations by using the teacher questionnaire to see the children with special needs of twice exceptional category, but based on observations that the researcher obtained only a few children who were children with special needs of twice exceptional category in SDN 034 Tarakan. Analysis of children with special needs was expected for teachers to be better for identified the children with special needs not only physically disabled children were seen physically but also psychologically. Keywords: Twice Exceptional, Children with Special Needs

Detail Informasi