
Hubungan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Perilaku Disiplin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Wahyuni Pujiastuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan pola asuh orang tua demokratis dengan perilaku disiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 320 dengan sampel 147 di SMP Negeri 5 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan observasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat pola asuh orang tua demokratis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan berada di taraf sedang dengan persentase 33%, 2) tingkat perilaku disiplin kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan berada di taraf sedang dengan persentase 45%, 3) berarti ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan perilaku disiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan karena r hitung=0,398 > r tabel=0,156.
This research purposes to know the significance relationship between democratic parenting and SMP Negeri 5 Tarakan students discipline behavior. Research population is all students at VIII class, total population is 320 students but taken as sampling by 147 students of SMP Negeri 5 Tarakan. Data method by questionnaire and observation, data analyze by descriptive analyze and inferential. The research show that: 1) Democratic Parenting level for students of SMP Negeri 5 Tarakan is in the medium level by leve percentage 33%, 2) students on the VIII class of SMP Negeri 5 Tarakan discipline level on the medium level by level percentage 45%, 3) the conclusion, there is significant relationship between democratic parenting and teh VIII Students of SMP Negeri 5 Tarakan discipline behavior, as r calculation=0,398> r table=0,156.