Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar (Studi Kasus Siswa Kelas IX-6 Di SMP Negeri 7 Tarakan) Tahun 2014-2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar (Studi Kasus Siswa Kelas IX-6 Di SMP Negeri 7 Tarakan) Tahun 2014-2015

Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar (Studi Kasus Siswa Kelas IX-6 Di SMP Negeri 7 Tarakan) Tahun 2014-2015

Pengarang : Suut Iri Yanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa (studi kasus di kelas IX-6 SMP Negeri 7 Tarakan tahun 2014-2015). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang digunakan siswa kelas IX-6 tahun ajaran 2014- 2015 Di SMP Negeri 7 Tarakan yang berjumlah 1 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan keabsahan data diperoleh dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil penelitiannya adalah (1)gambaran perilaku kesulitan belajar DM yang meliputi yaitu, kesulitan dalam berhitung, tidak mempunyai sama sekali catatan Matematika dan Bahasa Inggris, sulit berkonsentrasi dalam mengikuti mata pelajaran di dalam kelas, pekerjaan rumah yang diberikan guru sering tidak dikerjakan, dengan alasan lupa, sering merasa bingung menghadapi ulangan, cepat merasa bosan dalam belajar, sering mencontoh hasil pekerjaan teman, kurang semangat dalam menerima pelajaran, tidak serius dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.(2)Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar DM yang meliputi yaitu, kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tua, rasa malas, niat belajar sangat rendah, kurang motivasi dari orang tua dalam pelajaran, adanya pengaruh lingkungan, orang tua kurang mematau aktivitas anak, sehingga waktu luang anak banyak digunakan untuk bermain.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar

This study aims to determine the causal factors that affect students' learning difficulties (case study in class IX6 SMP Negeri 7 Tarakan years 2014-2015). This research is a descriptive qualitative research. Subjects who used graders IX 6 In the 2014-2015 school year SMP Negeri 7 Tarakan, amounting to 1 students. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation study. Data analysis techniques using the validity of the data obtained by data reduction, data presentation, drawing conclusions or verification. The results of the research are (1) picture of behavioral learning difficulties covering DM ie, find it difficult to count, have no record at all Maths and English, it is difficult to concentrate in the following subjects in the classroom, the teacher's homework is often not done , by reason of forgetting, often feel confused face replay, quickly bored with learning, often modeled after the work of a friend. less enthusiasm in accepting the lesson, is not serious in the tasks given by the teacher. (2) causative factor of learning difficulties covering DM namely, lack of attention and affection from parents, feeling lazy, the intention of learning is very low, less motivation from parents in the lesson, friend factors, the influence of the environment, parents are less mematau activity of the child, so the child is widely used free time to play. Keywords: Learning Difficulties

Detail Informasi