Hubungan Pola Asuh Orang Tua Permisif Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Pola Asuh Orang Tua Permisif Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP  Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2014/2015

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Permisif Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2014/2015

Pengarang : Robianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan dalam masalah ini adalah apakah ada hubungan pola asuh orang tua permisif dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh permisif dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus s.d 21 Oktober 2015 di SMP Negeri 4 Tarakan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik sampling purposive pengambilan data melalui dari guru BK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan. Analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua permisif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan berada pada taraf pola asuh orang tua permisif tinggi dan pola asuh orang tua permisif sedang dengan persentase 33%, kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan berada pada kemandirian belajar rendah dengan persentase 37%. Tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua permisif dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2014/2015. karena nilai koefisien korelasi sebesar 0,108, bila hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel= 0,361 pada taraf signifikansi α = 5% dengan N = 30, maka rhitung = 0,108< rtabel =0,361.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua Permisif, Kemandirian Belajar

The formula in this matter, is there any relationship of parenting parent’s permissive with the learning autonomous of the students grade VIII in SMP Negeri 4 Tarakan in academic year 2014/2015. The purpose of this research was to find out if there is any relation between the relationship of parenting parent’s permissive with the learning autonomous of the students grade VIII in SMP Negeri 4 in academic year 2014/2015. This research was conducted on the 21 st of August until on the 21 st of October 2015 in SMP Negeri 4 Tarakan. The population of this research were all of the students grade VIII of SMP Negeri 4 Tarakan. The sample of this research were 30 students that was taken by using purposive sampling technique which the data collection was conducted through the counseling teacher. The technique of data collection in this research was by using questionnaires and documentation. The technique of data analysis used were descriptive analysis and inferential with the help of SPSS 16.0 for windows program. The research result showed that the relationship of parenting parent’s permissive of the students grade VIII of SMP Negeri 4 Tarakan was on high and middle parenting parent’s permissive stage with the percentage of 33%, the learning independence of the students grade VIII of SMP Negeri 4 Tarakan was on low learning autonomous stage with the percentage of 37%. There was no relationship of parenting parent’s permissive with learning autonomous of the students grade VIII of SMP Negeri 4 Tarakan in academic year 2014/2015. Because, the correlation coefficient score was 0,108, when that result was compared with rtable= 0,361 on the significant level α = 5% with N = 30, thus rcount = 0,108 < rtable = 0,361. Key Words: The Relationship of Parenting parent’s Permissive, Learning Autonomous

Detail Informasi