
Faktor Penyebab Persepsi Negatif Siswa Terhadap Guru Bimbingan Konseling Di SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Robertus Sawe - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab persepsi negatif siswa terhadap guru BK di SMK Negeri 2 Tarakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Tarakan dengan subjek penelitian 3 orang siswa. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, pengujian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitiannya adalah faktor penyebab munculnya persepsi negatif terhadap guru BK di SMK Negeri 2 Tarakan, dari ketiga subjek ini yaitu FR, TH dan AL adalah FR memiliki pengalaman masa lalu yang tidak nyaman terhadap guru BK dimana guru BK FR di bangku SMP kejam hingga melakukan pemukulan terhadap FR. TH memiliki 2 pengalaman yang tidak menyenangkan dari guru BK dimana pengalaman yang pertama adalah guru BK TH waktu masih SMP pilih kasih dan yang kedua TH pernah dituduh memalsukan absen kelas. AL memiliki pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan dari guru BK waktu masih SMP dimana guru BK AL kejam.
Kata Kunci: Persepsi Negatif
The purpose of this study is to determine the factors that cause a negative perception of students toward counseling teacher at SMK Negeri 2 Tarakan. The approach used in this study is a qualitative approach with case study. This research was conducted at SMK Negeri 2 Tarakan with 3 research subjects. The method used is depth interviews using triangulation source. The technique of data analysis in this study is data reduction, data display, testing and conclusion. The research results that factors causing the emergence of negative perceptions toward counseling teacher at SMK Negeri 2 Tarakan, of these three subjects, namely FR, TH and AL are: FR Got bad past experience toward counseling teacher in junior high school. The teacher was grumpy and there was time when the teacher beat him. TH got 2 bad experiences toward counseling teacher in junior high school. The first was about favoritism and TH accused of falsifying the attendant list. AL Got bad past experience toward counseling teacher in junior high school. The teacher was cruel. Key Words: Negative Perception