Hubungan Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun 2014-2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun 2014-2015

Hubungan Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun 2014-2015

Pengarang : Nur Halimah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan positif yang signifikan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan kedisplinan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan.
Penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan berada pada taraf kedisiplinan belajar rendah dengan persentase 75%. 2) Tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan berada pada taraf sedang dengan persentase 35%. 3) Ada hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengolahan melalui SPSS, diketahui karena rxy = 0,452 > rtabel = 0,244, artinya Ha diterima.

Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar

The problem statement of this research was whether any significant positive correlation of learning discipline and learning achievement of eighth grade students at SMP Negeri 4 Tarakan. The purpose of this research was to find out the correlation of learning discipline and learning achievement of eighth grade students at SMP Negeri 4 Tarakan. The hypothesis of this research was any correlation of learning discipline and learning achievement of eighth grade students at SMP Negeri 4 Tarakan. This research was conducted for all of eighth grade students at SMP Negeri 4 Tarakan. Sample of this research was taken by using proportional random sampling. Data collection techniques that used in this research were questionnaire and documentation. Data analysis techniques that used in this research were descriptive and inferential analysis. The result of the research showed that: 1) the level of learning discipline of eighth grade students at SMP Negeri 4 Tarakan was in low level with 75% percentage. 2) the level of learning achievement of eighth grade students at SMP Negeri 4 Tarakan was in medium level with 35% percentage. 3) there was any correlation between learning discipline and learning achievement of eighth grade students at SMP Negeri 4 Tarakan. It was proved with the tabulation result by using SPSS, because rxy=0,452 > rtabel=0,244, it means Ha was accepted. Keywords: Learning Discipline, Learning Achievement

Detail Informasi