
Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Perilaku Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Novia Puji Astuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan bimbingan belajar terhadap siswa kelas VIII SMP 8 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari sampai dengan Febuari 2015 di SMP 8 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimen dengan jenis one group pre test and post test design. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 8 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi). Berdasarkan perhitungan analisis uji t-test diperoleh nilai t hitung (10.45) dengan N= 38 dalam taraf signifikan 5% diketahui untuk t tabel (2.042), karena t hitung > t tabel maka Ha diterima yaitu “ terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar terhadap perilaku disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII SMP 8 Tarakan.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Bimbingan Belajar
This study aims to determine significant influence tutoring to students of class VIII SMP 8Tarakan. The research was conducted on January to February 2015 in SMP Negeri 8 Tarakan. This research is research Pre experiment with the type of one group pre-test and post test design. The data collection techniques in this research using questionnaires and documentation. The population in this study were all eighth grade students of SMP 8 Tarakan. The sample in this study amounted to 38 students were taken by using purposive sampling technique (sample does not provide equal opportunities for every member of the population). Based on the calculation of t-test analysis obtained t value (10,45) with N = 38 in the significant level of 5% is known to the t table (2.042), for t hitung > t table then Ha accepted that "there is a significant influence on the behavior tutoring discipline grade students of SMP Negeri 8 Tarakan". The results showed that there is a significant influence on the discipline tutoring students of class VIII SMP 8 Tarakan. Keywords: Discipline Learning, Tutoring