
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015
Pengarang : Nisa Ariantini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tarakan tahun ajaran 2014/2015. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tarakan dengan sampel sebanyak 142 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala sikap yang berperan sebagai metode pokok. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Hasil penelitian yang diperoleh dari n = 142 siswa dengan taraf signifikan 5% yaitu karena rhitung = 0,485 > rtabel = 0,159, karena rhitung lebih besar dari rtabel maka H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tarakan tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal Siswa
Problems abbreviation in this research was there significant relationship between emotional question with interpersonal communication in XI class of SMA Negeri 1 Tarakan 2014/2015 academic year. The objective of this research was to know the significant relationship between emotional question with students interpersonal communication XI class in SMA Negeri 1 Tarakan 2014/2015 academic year. Hypothesis of this research that there was the significance between emotional question with students interpersonal communication XI class in SMA Negeri 1 Tarakan 2014/2015 academic year. This research did to the XI students in SMA Negeri 1 Tarakan with 142 sample of students. Technique of collecting data used in this research was attitude scale that roled as main method. Technique of data analysis in this research was statistic technique, is descriptive statistic and inferential statistic, then using SPSS 22.0 programme for windows. The result of this research from N= 142 students with significant standard 5% because rhitung = 0,485 > rtabel = 0,159, because rhitung was bigger from rtabel then Ho was rejected. The result than can be concluded there was a significant relationship between emotional question with students interpersonal communication XI class in SMA Negeri 1 Tarakan 2014/2015 academic year. Keywords: Emotional Question, Students Interpersonal Communication