Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMK Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMK Negeri 2 Tarakan

Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Musdalifah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMK Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik bermain peran dapat meningkat kepercayaan diri siswa di SMK Negeri 2 Tarakan. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan tindakan bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMK Negeri 2 Tarakan.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Listrik di SMK Negeri 2 Tarakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik skala pernyataan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan menggunakan teknik bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X Listrik di SMK Negeri 2 Tarakan, dari 35 orang siswa terdapat 12 orang siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Ada peningkatan yang berawal 12 orang siswa memiliki kepercayaan diri yang rendah setelah tindakan pada siklus I menjadi 8 orang siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri. Pada siklus II peningkatan dari 4 orang siswa megalami kepercayaan diri rendah setelah tindakan menjadi 2 orang siswa, dengan demikian peningkatan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 94% yang artinya ada peningkatan kepercayaan diri siswa melalui teknik bermain peran.

Kata Kunci: Bermain Peran, Peningkatan Kepercayaan Diri

The problem statement of this research was role play technique can increase students’ self-confidence in SMK Negeri 2 Tarakan. The purpose of this research was to find out role play technique can increase students’ self-confidence in SMK Negeri 2 Tarakan. This research was implemented to the students in grade X Electricity SMK Negeri 2 Tarakan. The data collection instruments that used were scale questions technique, interview, and documentation. The data analysis techniques that used were data reduction, data explanation, and drawing conclusions. The result of this research showed that by using role playing technique can increase students self-confidence in SMK Negeri 2 Tarakan. There was 12 students from 35 students that have lack of confidence. There was increasing students with lack of confidence were increasing from 4 students with lack of confidence after action in cycle I from 12 students to 8 students. In cycle II the students with lack of confidence were increasing from 4 students to 2 students. Therefore, there was a huge increasing from cycle I to cycle II which 94% which means that there increased student self-confidence by using role play technique. Keywords: Role Play, Increased Self-Confidence

Detail Informasi