
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Lenny Asmarany - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Latar belakang penulisan ini adalah salah satu masalah yang sering terjadi di SMA Negeri 3 Tarakan adalah berkelahi dengan teman sendiri. Hal ini terjadi karena perilaku agresif yang mereka miliki sangat tinggi. Sehingga siswa tersebut tidak mampu mengontrol diri mereka sendiri. Kemampuan untuk mampu mengontrol diri adalah pengertian dari kecerdasan emosional. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mencari apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan,yaitu sebanyak 190 siswa.Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 10% sehingga jumlah sampelnya 112 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan observasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan berada di taraf sedang dengan persentase 38%, 2) tingkat perilaku agresif siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan berada di taraf rendah dengan persentase 46%, 3) ada hubungan yang negatif antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan karena r hitung=0,028 < r tabel=0,176.
Tidak Tersedia Deskripsi