
Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Kristina Londong - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2014/2015. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yang terdiri dari dua variabel yaitu perhatian orang tua (X) dan kedisiplinan belajar siswa (Y). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tarakan dengan sampel sebanyak 176 siswa dari 490 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berperan sebagai metode pokok dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian dikorelasikan dengan menggunakan Program Spss versi 16.0.
Hasil penelitian yang diperoleh dari N = 176 siswa dengan taraf signifikan 5% yaitu rhitung sebesar 0,313 > rtabel sebesar 0,148 karena rhitung lebih besar dari rtabel maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Siswa
This study aims to determine whether there is a significant relationship between parents' attention to the student learning discipline in 1st class at SMK Negeri 2 Tarakan academic year 2014/2015. The hypothesis of this study is that there is a significant relationship between parents' attention to the student learning discipline in 1st class at SMK Negeri 2 Tarakan academic year 2014/2015. The approach used is a quantitative approach to the type of descriptive correlational research, which consists of two variables: Attention Parents (X) and student learning discipline (Y). This research was conducted in the 1st class at SMK Negeri 2 Tarakan with a sample of 176 students from 490 students. Data collection technique used was a questionnaire which serves as the principal methods and documentation. The data analysis techniques in this study is statistical technique, namely descriptive statistics and inferential statistics, then correlated by using SPSS version 16.0. The results obtained from N = 176 students with a significant level of 5% which amounted to 0,313 rhitung > rtabel amounted to 0.148 rhitung greater than rtabel then H0 is rejected. It can be concluded that there is a significant relationship between Attention Parents with Student Learning Discipline in the 1st Class at SMK Negeri 2 Tarakan academic year 2014/2015. Keywords: Attention Parents, Student Discipline