Hubungan Status Sosial Ekonomi Dengan Kepercayaan Diri Rendah Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Status Sosial Ekonomi Dengan Kepercayaan Diri Rendah Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun 2014/2015

Hubungan Status Sosial Ekonomi Dengan Kepercayaan Diri Rendah Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun 2014/2015

Pengarang : Darlena - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara status sosial ekonomi dengan kepercayaan diri rendah siswa kelas VIII tahun ajararan 2014/2015 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi dengan kepercayaan diri rendah siswa kelas VIII tahun ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 5 Tarakan. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara status sosial ekonomi dengan kepercayaan diri rendah siswa kelas VIII tahun ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 5 Tarakan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yang terdiri dari dua variabel yaitu status sosial ekonomi (X) dan kepercayaan diri rendah Siswa sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Tarakan dengan sampel sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berperan sebagai metode pokok. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial, kemudian dikorelasikan dengan menggunakan Program SPSS 16.0.
Hasil penelitian yang diperoleh dari n = 63 siswa dengan taraf signifikan 5% yaitu rhitung sebesar 0,538 > rtabel = 0,254 karena rhitung lebih besar dari rtabel maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Status Sosial Ekonomi dengan Kepercayaan Diri Rendah Siswa Kelas VIII tahun ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 5 Tarakan.

Kata kunci: Status Sosial Ekonomi, Kepercayaan diri Rendah

The problem in this study is there are any relationships between socioeconomic statuses with low confidence of students’ grade 8 th in SMP Negeri 5 Tarakan at Academic Year 2014/2015. The purpose of this research is to determine the relationship between socioeconomic statuses with low confidence of students’ grade 8 th in SMP Negeri 5 Tarakan at Academic Year 2014/2015. The research hypothesis is there is a relationship between socioeconomic statuses with low confidence of students’ grade 8th in SMP Negeri 5 Tarakan at Academic Year 2014/2015. The approach used is a quantitative approach to the type of correlation, which consists of two variables socioeconomic status (X) and low confidence of students as the dependent variable (Y). This study conducted on students in grade 8th at SMP N 5 Tarakan with a sample of 63 students. Technique of collecting data of the research was a questionnaire which serves as the principal method. Techniques of data analysis in this research is descriptive and inferential statistical techniques, then correlated by using SPSS program 16.0. The results of the research shown n=63 students with significant level of 5% that is (rhitung) = 0,538 > (rtable) = 0,254 because (rhitung) > (rtabel) then H rejected. So, it can be concluded that there is relationship of socioeconomic status with low confidence of students’ grade 8th in SMP Negeri 5 Tarakan at Academic Year 2014/2015. Key Words: Socioeconomic Status, Low Confidence

Detail Informasi