
Hubungan Pacaran Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun 2014/2015
Pengarang : Abdul Haris - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pacaran siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015, untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015, dan untuk mengetahui hubungan antara pacaran dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 September s.d 26 September 2015 di SMP Negeri 5 Tarakan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan menggunakan 10% dari populasi tiap kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pacaran siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan berada pada taraf pacaran sedang dengan persentase 53%, tingkat prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan berada pada taraf Baik dengan persentase 75%. Tidak terdapat hubungan antara pacaran dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015. karena nilai signifikan > 0,05.
Kata Kunci: Pacaran, Prestasi Belajar, Korelasi
The purposes of this research were to find out the level of relationship of seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan Academic Year 2014/2015, to find out the level of learning achievement of seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan Academic Year 2014/2015, and to find out the correlation between relationship and learning achievement of seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan Academic Year 2014/2015. The research was conducted on 22 September until 26 September 2015 in SMPN 5 Tarakan. The population of the research was all of seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan. The sample of the research was 30 students which was taken by simple random sampling technique by using 10 % of each class populated. Data collection techniques in this research include by scale and documentation. Data analysis techniques in this research include descriptive and inferential analysis using SPSS 16.0 for windows program. The result of the research showed that the level of relationship of seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan was in medium level with 53% percentage, the level of learning achievement of seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan was in good with 75% percentage. There was not positive moderate correlation between relationship and learning achievement of seventh grade students at SMP Negeri 5 Tarakan Academic Year 2014/2015, because the significant value is > 0,05. Keywords: Relationship, Learning Achievement, Correlation