Peran Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Peran Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Pengarang : Wahyudi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran corporate social responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas yang diproksikan oleh return on asset dan return on equity terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 - 2021. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 30 perusahaan dan memperoleh data observasi sebanyak 150 data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi moderasi dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan oleh return on asset dan return on equity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate social responsibility tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas yang diproksikan oleh return on asset dan return on equity terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini secara keseluruhan mendukung teori signal dalam menjelaskan pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.


Kata Kunci : Profitabilitas, Return on Asset, Return on Equity, Corporate Social Responsibility

The objective of the research was to reveal the role of a corporate social responsibility (CSR) in moderating the effect of profitability proxied by return on asset (ROA) and return on equity (ROE) to the corporate value among the companies listed in Indonesian Stock Exchange in the period of 2017-2021. The samples were taken by using purposive sampling. The total samples were 30 companies and it gained 150 data observation. The analysis applied was moderation regression analysis, by using a software of SPSS v25. Based on the analysis, the profitability proxied by ROA and ROE has a positive and significant effect on the corporates’ value. CSR could not moderate the profitability effect proxied by ROA and ROE. The result of the research entirely support the signal theory on explanation of the profitability effect on the corporate value. Keywords: Profitability, Return on Asset, Return on Equity, Corporate Social Responsibility

Detail Informasi