Pengembangan Media Jenga Pada Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Bahaya Bullying Di MTs Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Jenga Pada Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Bahaya Bullying Di MTs Di Kota Tarakan

Pengembangan Media Jenga Pada Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Bahaya Bullying Di MTs Di Kota Tarakan

Pengarang : Dinda Febita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa media Jenga pada layanan informasi bimbingan dan konseling pada siswa di MTs DI Kota Tarakan. Bullying adalah suatu tindakan kekerasan atau responsive yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan maksud dan tujuan untuk menakut-nakuti. Media Jenga ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan layanan, terutama dalam layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman bahaya bullying sehingga siswa dapat memahami cara menghadapi bullying dan dampak buruk dari perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan Borg and Gall, namun dalam penelitian ini dilakukan sampai pada tahap kelima yaitu tahap revisi desain karena kondisi di masa pandemi Covid-19. Hasil validasi ahli materi dengan skor 78% menunjukkan pada kategori layak, dan hasil validasi ahli desain dengan skor 89% menunjukkan pada kategori sangat layak. Dengan ini menunjukkan bahwa media Jenga yang dikembangkan layak dan baik digunakan dalam layanan informasi bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman bahaya Bullying siswa.

Kata Kunci: Layanan Informasi, Bullying, Jenga

The objective of the research was to develop the educational media Jenga on information service of guidance and counselling to the students Bullying in MTs in Tarakan. Bullying is an act of violence or responsiveness by a person or group of people with the intent and purpose of scaring. The media Jenga is one of the media that used by teachers to implement guidance and counselling services, especially in the service information to increase understanding of the dangers of bullying so that students can understand how to deal with bullying and the negative effects of bullying. The design of the research was research and development. The procedures of the research were based on the model of Borg and Gall. Due to the situations of the Covid-19 pandemic, this research was carried out until the fifth stage, namely the design revision stage. The results of validation from the material expert with a score of 78% indicated that the category was feasible and the results of validation from the design expert with a score of 89% indicated that the category was very feasible. It shows that the media Jenga developed was feasible and good for use in guidance and counseling information services to increase the students' understanding of the dangers of bullying. Keywords: Information Services, Bullying, Jenga

Detail Informasi