
Analisis Kejenuhan Belajar Online Mahasiswa Bimbingan Konseling Angkatan 2018 Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Universitas Borneo Tarakan Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang : Meltin Bidang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Gambaran Umum Kejenuhan Belajar Online Mahasiswa Bimbingan Konseling Angkatan 2018 Dalam Masa Pandemic Covid-19. Kejenuhan Belajar Merupakan Suatu Kondisi Mental Seseorang Yang Mengalami Rasa Bosan Dan Lelah Yang Amat Sangat Yang Ini Ditandai Dengan Keletihan Emosional, Depersonalisasi Dan Menurunnya Keyakinan Akademis. Penelitian Ini Adalah Penelitian Jenis Survei Dengan Menggunakan Metode Deskriptif Kuantitatif Dimana Pengambilan Sampel Menggunakan Teknik Probabbility Sampling Hasil Penelitian Menemukan Bahwa Sebanyak 41.1% Atau 30 Responden Dari 73 Sampel Penelitian Yang Mengalami Kejenuhan Belajar Kategori Tinggi, Sisanya 45,21% Atau 33 Responden Yang Masuk Dalam Kategori Sedang Dan 13,70% Atau 10 Responden Yang Masuk Dalam Kategori Rendah. Sementara Hasil Yang Diperoleh Perindikator Menunjukkan Bahwa Menurunnya Keyakinan Akademik Merupakan Indikator Yang Memiliki Skor Tertinggi Sebagai Aspek Kejenuhan Belajar.
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar Online
The Purpose Of This Research Is To Find Out The General Objective Of Overfullness Online Learning During The Covid-19 Pandemic On Guidance And Concealing Students In The Academic Year 2018. Overfullness Learning Is A Mental Condition Of A Person Who Experiebces Extreme Boredom And Fatique Which Is Characterized By Emotional Exhaustion, Depersonalization, And Decreased Academic Confidence. The Desing Of The Research Was Descriptive Quantitative. The Type Of This Research Was A Survey. The Data Analysis Was Percentage. The Instrument Was A Scale Of Overfullness Learning. To Take The Sample, The Researcher Used Probability Sampling. The Result Of The Study Indicated 41.1% Or 30 Respondents From The 73 Research Samples Gos High Boredom Learning, While The Other 45.21% Or 33 Respondents Were In The Mediu, Category And 13.70% Or 10 Respondents Were In A Low Category. Whereas, The Result Attained By The Indicator Display That The Decrease Of Academic Confidence Was The Highest Score Of The Aspect Of Overfullness Learning. Keywords: Overfullness Online Learning