Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Shaping Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Ajaran 2021/2022 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Shaping Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Ajaran 2021/2022

Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Shaping Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Ajaran 2021/2022

Pengarang : Hendry Marthen - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Shaping Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Prokrastinasi Akademik Merupakan Penundaan Yang Sering Muncul Pada Pelajar Yang Memiliki Efek Negatif Terhadap Proses Belajar Dan Prestasi Siswa. Perilaku Ini Ditunjukkan Dimana Siswa Sering Terlambat Mengumpulkan Tugas, Kadang Meminta Tambahan Waktu, Juga Tidak Bersegera Mengerjakan Tugas Yang Diberikan. Penelitian Ini Adalah Jenis Penelitian Eksperimen Dengan Pendekatan Kuantitatif Analisis Persentase Dengan Teknik Instrumen Yang Digunakan Adalah Skala Prokrastinasi Akademik Dimana Pengambilan Sampel Menggunakan Teknik Purposive Sampling. Hasil Penelitian Diperoleh Rata-Rata 83,3 Sebelum (Pretest) Konseling, Setelah Diberikan Konseling (Posttest) Menurun Menjadi 48,6 Sehingga Berdasarkan Perbandingan Tersebut Terjadi Penurunan 34,7 Serta Bedasarkan Uji Wilcoxon Diperoleh Zhitung -2.803 Kemudian Dibandingkan Dengan Ztabel 0.05 = 49.78, Maka Zhitung ? Ztabel (-2.803 ? 49.78). Ini Menunjukkan Terdapat Pengaruh Pelaksanaan Konseling Kelompok Teknik Shaping Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa.

Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik

The Purpose Of This Study Was To Determine The Effect Of Group Counseling With The Technique Of Forming Academic Procrastination Behavior On Eighth Grade Students Of SMP Negeri 4 Tarakan. Academic Procrastination Is A Delay That Often Occurs In Students Which Has A Negative Effect On The Learning Process And Student Achievement. This Behavior Is Shown When Students Are Often Late To Collect Assignments, Sometimes Extra Time, Do Not Hurry To Do The Assignments Given. This Research Is An Experimental Research With A Quantitative Approach To Percentage Analysis With The Technical Instrument Used Is The Academic Procrastination Scale Where The Sample Is Taken Using Purposive Sampling Technique. The Average Research Results Were 83.3 Before (Pretest) Counseling, After Being Given Counseling (Posttest) 48.6 So That Based On This Comparison There Was A Decrease Of 34.7 And Based On The Wilcoxon Test Obtained Zcount -2.803 Then Compared With Ztable 0.05 = 49, 78 , Then Zcount Ztable (-2.803 49.78). This Shows The Effect Of The Implementation Of Technical Group Counseling On Students' Academic Procrastination Behavior. Keywords: Academic Procrastination

Detail Informasi