
Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Prososial Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Adi Suryanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik sosiodrama terhadap perilaku prososial pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimental design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan yang berjumlah 213 siswa. Peneliti menggunakan skala perilaku prososial dengan skala likert dan menggunakan random sampling untuk mengambil sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 21 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan uji Wilcoxon menggunakan SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian treatment, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asym sig = 0,000 < α = 0,05 maka Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik sosiodrama terhadap perilaku prososial pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan.
Kata Kunci: Sosiodrama, Perilaku Prososial
This study aimed to determine the effect of sociodrama techniques on prosocial behavior of the ninth grade students at SMP Negeri 5 Tarakan. This was a Pre-eksperimental research using one group pretest-posttest design. The population in this study were all the 213 ninth grade students at SMP Negeri 5 Tarakan. Using a random sampling technique, 21 students were taken as samples. A prosocial behavior questionnaire with Likert scales was uses as the research instrument for data collection. The collected data were analyzed descriptively and inferentially using Wilcoxon test with the help of SPSS 22.0 for windows. From the analysis it was obtained that the asym sig value (0,000) was lesser than the a value (0,05) which meant the Ha was accepted. It was concluded that there was an effect of sociodrama technique on prosocial behavior of the ninth grade students at SMP Negeri 5 Tarakan. Keywords: Sociodrama, Prosocial Behavior