Pengaruh Big Five Personality Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Big Five Personality Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Big Five Personality Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Ahmadi Prayono - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kepribadian merupakan aspek yang sangat penting sebagai prediktor dalam prestasi belajar. Pertama, terdapat kecendrungan berperilaku yang tercermin dalam kepribadian yang dapat mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan tertentu ysng terkait dengan pencapaian akademik seperti ketekunan, kesadaran, kecendrungan senang berbicara. Kedua, ketika kemampuan kognitif merujuk pada apa yang dilakukan oleh siswa, maka kepribadian akan merujuk pada apa yang akan dilakukan siswa tersebut. Ketiga, kepribadian sebagaimana kemampuan kognitif, akan dapat memprediksi pencapaian yang lebih baik pada siswa, secara khusus kepribadian berkaitan dengan prestasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa kepribadian memberikakan pengaruh yang unik terhadap pencapaian prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Big five personality terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan survey, populasi penelitian ini sebanyak 246 siswa dan sampel 25 siswa kelas VIII dan 25 siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif inferensial dengan bantuan SPSS 24 for windows. Berdasarkan hasil analisis regresi uji t, dimana nilai thitung keseluruhan variabel independen lebih kecil dari nilai ttabel (2,015) dan nilai signifikansi seluruh variabel independen lebih besar dari (0,05). Maka tidak ada pengaruh openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness dan neuroticism yang signifikan pada prestasi belajar siswa SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan penelitian yang lebih komprehensif khususnya yang berhubungan dengan faktor big five personality dengan prestasi belajar sehingga memberikan kontribusi yang lebih luas pada kemajuan dunia pendidikan.

Kata Kunci: Big Five Personality, Prestasi Belajar

Personality is a very important aspect as a predictor in learning achievement. First, there is a tendency to behave reflected in personalities that can affect certain habits related to academic achievement such as perseverance, awareness, tendency to talk. Second, when cognitive abilities refer to what students do, then personality will refer to what students will do. Third, personality as cognitive ability, will be able to predict better achievement in students, specifically that is related to learning achievement. Personality has a unique influence on student achievement. The purpose of this study was to detennine the effect of Big Five personality on student achievement at SMP Negeri 10 Tarakan. This was a quantitative research with a survey approach. The population of this study was 246 students and the samples were 25 eighth grade students and 25 ninth grade students. Data were analyzed using descriptive and inferential statistics with the help of SPSS 24 for windows. Based on the results of the t test, calculated t value the independent variables was smaller than critical t value of (2,015) and the significance value of all the independent variables was greater than 0.05. So, there was no significant effect of openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness and neuroticism on the learning achievement of students at SMP Negeri 10 Tarakan. This research results can be used as a more comprehensive reference, especially relating to the factor of big five personalities with learning achievement, so as to contribute more to the progress of education. Keywords: Big Five Personality, Learning Achievement

Detail Informasi