
Pengaruh Big Five Personalty Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Kaltara
Pengarang : Supian - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Motivasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor yang ada dalam diri mahasiswa maupun di luar diri mahasiswa. Salah satu yang terkait dengan motivasi belajar mahasiswa adalah kepribadian mahasiswa, big five personality yang mencakup lima dimensi kepribadian, yaitu Neuroticims, Ekstraversi, Keterbukaan, Kesepakatan, dan kegigihan. Di perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk lebih rajin dan bisa memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia seperti perpustakaan, laboratorium, studi lapangan, diskusi dan seminar. Mahasiswa tidak hanya tergantung pada sajian pelajaran diruang kuliah melainkan harus digali dan dipelajari dari berbagai sumber yang ada sehingga mereka dapat bersikap obyektif, berfikir logis, kritis, sistematis dan kontruktif.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh big five personalty terhadap motivasi belajar mahasiswa akademi keperawatan Kalimantan Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan survey, populasi penelitian ini sebanyak 88 mahasiswa dan sampel 43 mahasiswa angkatan 2017 dan 45 mahasiswa angkatan 2018 akademi keperawatan kaltara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS 24 for windows. Berdasarkan hasil analisis regresi uji t, dimana nilai thitung keseluruhan variabel independen lebih besar dari nilai ttabel (2,015) dan nilai signifikansi seluruh variabel independen lebih kecil dari (0,05). Maka ada pengaruh openness to experience, conscientiousness, extraversion, dan neuroticism yang signifikan pada motivasi belajar, dan tetapi tidak ada pengaruh agreeableness pada mahasiswa akademi keperawatan Kalimantan Utara.
Kata Kunci: Big Five Personality, Motivasi Belajar
Learning motivation is influenced by students’ internal and external factors. One that is related to student motivation is the big five personality which includes five personality dimensions, namely neuroticims, extroversion, openness, agreement, and persistence. In higher education, students are required to be more active and be able to utilize available learning resources such as libraries, laboratories, field studies, discussions and seminars. Students should not only depend on the presentation of lessons in the classroom but should also learn from a variety of available sources so that they can be objective and think logically, critically, systematically and constructively. The purpose of this study was to determine the effect of the bi g live personalty on learning motivation of students at the Akademi Keperawatan Kaltara. This was a quantitative research with a survey approach. The population of the study was 88 students and its samples were 43 students from the 2017 class and 45 from the 2018 class. Data were analyzed descriptively and inferentially with the help of SPSS 24 for windows. Based on the results of the ttest analysis, the value of the calculated t was greater than the value of the critical t (2,015) and the significance value of all independent variables was lesser than 0.05. So, there was a significant effect of openness to experience, conscientiousness, extraversion, and neuroticism on learning motivation. However, the effect of agreeableness on the students’ learning motivation was not found. Keywords: Big Five Personality, Learning Motivation