Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 12 Tarakan

Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Uni Wulandari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi menggunakan media Audio Visual pada siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 12 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kelas (PK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 12 Tarakan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, metode tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data bahwa pencapaian kemampuan menulis puisi siswa dapat disimpulkan dengan hasil rata-rata kelas adalah 63 dengan kriteria cukup dengan bobot C (56-65). Setelah dilakukan analisis pada nilai ketuntasan siswa. Terdapat 9 siswa tuntas dengan presentase 28% mencapai nilai KKM. Sedangkan 23 siswa belum tuntas dengan persentase 72% tidak mencapai KKM. Selain itu penelitian menggunakan media audio visual dapat dinyatakan cukup dengan melihat pencapaian siswa pada setiap aspek yang dinilai. Siswa mampu berperan aktif dengan adanya media yang digunakan. Kemudian, dapat dilihat nilai perolehan kemampuan siswa dalam menulis puisi pada setiap aspek, untuk aspek kesatuan makna dengan nilai 73 persentase 36,9%, untuk aspek diksi dengan nilai 62 persentase 31,1%, untuk aspek persajakan dengan nilai 63 persentase 31,5%, untuk aspek gaya bahasa dengan nilai 57 persentase 28,4% dan untuk aspek pengimajian dengan nilai 60 persentase 30%. Sedangkan jumlah aspek yang diamati menunjukkan 69% dengan kategori baik. Dengan penjelasan segala aspek sebagai berikut, untuk aspek pertama sebesar 90,38% dengan kategori sangat baik. Untuk aspek kedua sebesar 88,46% dengan kategori sangat baik. Untuk aspek ketiga sebesar 92,30% dengan kategori sangat baik. Untuk aspek keempat sebesar 91,34% dengan kategori sangat baik. Untuk aspek kelima sebesar 90,38% dengan kategori sangat baik. Untuk aspek yang keenam sebesar 94,23% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Kemampuan, Media Audio Visual, Menulis Puisi

The objective of the research was to improve the students' ability in writing poetry by using audio visual medium for eight grade students in class VIII-3 of SMPN 12 Tarakan. The type of the reseacrh was classroom action research (CAR). The subjects were 32 students in class VIII-3 of SMPN 12 Tarakan. The data collection techniques included interviews. observation, test and documentation. based on the data analysis, it could be concluded that students' ability to write pioetry was achieved as their average score was 63, falling in C grade (56-65). From their minimum mastery criteria, there were 9 students (28%) having reached it. The rest (72%) still failed to do so. The media being used allowed the students' active participation. In addition, the result of the learning using audio-visual media could be said to be sufficient, based on the examination on some aspects. It could be seen from their scores of abilities in writing poetry. On the meaning unity, their score was 73 (36.9%): for the diction, it was 62(31.1%): the rhyme was 63 (31.5%): the stylistic score was 57 (28.4%): the imaginary aspect was 60 (30%). In general, all of the aspects can be classified in an excellenct category from the first to the sixth category with the percentages 90.38%, 88.46%, 92.30%, 91.34%, 90.38% and 94.23% respectively. Keywords: Students Ability, Audio Visual Media, Writing Poetry

Detail Informasi