
Kemampuan Menulis Teks Persuasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mandiri Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Fatah Tarakan
Pengarang : Dinda Mustika Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran mandiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap diantaranya perencenaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini diperoleh sejumlah data yaitu dari Lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, serta hasil belajar siswa dalam aspek kognitif dan aspek afektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran mandiri dapat meningkatkan pembelajaran menulis khususnya menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII MTs Al-Fatah Tarakan. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus dengan 4 aspek penilaian yaitu antusias siswa, keaktifan siswa, konsentrasi siswa, dan situasi pembelajaran memperoleh hasil sebesar 59,26 dan pada siklus II yaitu 89,15, peningkatan siklus I ke II adaah sebesar 29,89. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I 67,96 dan pada siklus II sebesar 92,18 dan mengalami peningkatan 24,22. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 6,25% dan pada siklus II yaitu 84,37% mengalami peningkatan 78,12%. Hasil aspek afektif dengan 4 penilaian diantaranya disiplin, tanggung jawab, percaya diri, dan jujur. Pada siklus I sebesar 59,37% dan pada siklus II 90,62% mengalami peningkatan 31,25%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembeajaran mandiri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII di MTs Al-Fatah Tarakan.
Kata Kunci: Kemampuan menulis, Teks Persuasi, Mandiri, Teks Persuasi.
The research used in this research is classroom action research (CAR). This research was conducted at MTs Al-Fatah Tarakan with the aim of improving the ability to write persuasive texts using an independent learning model. This research was carried out in two cycles, each cycle consisting of 4 stages incluiding planning, implementing actions, observing or observing, and reflecting. Each cycle consists of 2 meetings. This study obtained a number of data, namely from student activity observation sheets, teacher activity observastion sheets, and student learning outcomes in cognitive and affective aspects. Besed on the results of the research conducted, it is shown that learning to write persuasive texts using independet learning model can improve writing learning, especially writing persuasive texts in class VIII MTs Al-Fatah Tarakan. This can be seen in the results obtained in each cycle. The results of observing student activities in cycles with 4 aspects of assessment namely student enthusiasm, student activity, student concentration, and learning situations obtained results of 52,26 an in cycle II namely 89,15, the increase in cycles I to II was 29,89. The results of observing teacher activities in the first cycle were 67,96 and in the second cycle 92,18 and increased by 24,22. Completeness of cognitive aspects of student learning outcomes in the first cycle of 12,5% and in the second cycle of 81,25% experienced an increase of 68,75%. The results of the affective aspect with 4 assessments include disciline, responsibility, confidence, and honesty. In the first cycle of 59,37% and 90,62% in the second cycle, an increase of 31,25%. Based on these results, it can be concluded that learning using the independent learning model ca improve the ability to write persuasive texts in class VIII students at MTs Al-Fatah Tarakan. Keywords: Writing ability, Persuasive text, Independent, Persuasive text