
Pelaksanaan Konseling Individual Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekatak Tahun Pelajaran 2019/2020
Pengarang : Desi Juraidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Bullying merupakan suatu perilaku agresif yang bersifat negatif yang mengakibatkan seseorang dalam keadaan tidak nyaman merupakan perilaku yang dapat merugikan dan membahayakan orang lain yang mengalami bullying, penanganan yang harus dilakukan yaitu menggunakan konseling individual yang merupakan salah satu layanan konseling secara tatap muka oleh konselor dan konseli. Dalam lingkup sekolah konseling individual adalah salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang digunakan oleh guru BK dalam pegentasan masalah yang dihadapi oleh siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan konseling individual terhadap perilaku bullying siswa di SMP Negeri 1 Sekatak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekatak. Adapun proses pengambilan subjek penelitian menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan konseling yang dilaksanakan oleh guru Bk di SMP Negeri 1 Sekatak terhadap perilaku bullying, belum sesuai dengan SOP yang berlaku, berdasarkan hasil penelitian faktor penyebab subjek melakukan bullying adalah faktor teman sebaya, lingkungan dan kurangnya perhatian dari keluarga. subjek mudah terpengaruh dan juga pernah menjadi bahan bulian pada saat subjek masih di sekolah dasar sehingga itu salah satu pemicu subjek untuk melakukan tindakan bully. Tindakan bully yang subjek lakukan adalah tindakan bully dalam kategori bullying verbal yaitu hanya melalui kata-kata.
Kata Kunci: Konseling Individual, Perilaku Bullying
Bullying is an aggressive behavior that is negative that results in a person in an uncomfortable state is a behavior that can harm and endanger others who experience bullying, the treatment that must be done is to use individual counseling which is one of the counseling services face to face by counselors and counselees. Within the scope of individual counseling schools is one of the services in guidance and counseling that is used by BK teachers in staging the problems faced by students at school. This study aims to determine the implementation of individual counseling on student bullying behavior at SMP Negeri 1 Sekatak. This type of research is a qualitative research with a case study design. The subjects in this study were one grade VIII student of SMP Negeri 1 Sekatak. The process of taking research subjects using snowball sampling. Data collection techniques in this study were interviews and documentation. Data analysis used in this study is data reduction, data presentation and data verification. The results showed that the counseling stage carried out by Bk teachers in SMP Negeri 1 Sekatak on bullying behavior, was not in accordance with the applicable SOP, based on the results of the research, the factors causing the subject to bullying were peer factors, the environment and lack of attention from family. the subject is easily influenced and has also been bullied when the subject is still in elementary school so that it is one of the triggers for the subject to perform bullying. The bullying action that the subject does is bullying in the verbal bullying category that is only through words. Keywords: Individual Counseling, Bullying Behavior