
Pengaruh Teknik Penguatan Posistif Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019
Pengarang : Habiba Verawati M. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik penguatan positif terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 159 siswa dan sampel 10 siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri dengan skala likert. Peneliti menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala kepercayaan diri siswa dengan hasil dari 50 pernyataan terdapat 30 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji paired sample t test dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis t hitung > t tabel atau 19,477 > 1,83311, maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kepercayaan diri setelah diberi teknik penguatan positif pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Penguatan Positif, Kepercayaan Diri
The purpose of this research was to know the influence of positive reinforcement technique toward self confidence of seventh grade students of SMP Negeri 7 Tarakan in academic year 2018/2019. This research was a pre-experimental design which using one group pretest-posttest design. The population in this study were 159 students while there were 10 students class VII of the as samples SMP Negeri 7 Tarakan. Methods of data collection in this research used a scale of confidence with Likert scale. The research used product moment to test the validity of the students' self-confidence scale which resulted of 30 valid items of 50 items. Data analysis technique in this research were descriptive and inferential analysis technique using paired sample t test correlated using program SPSS 22.0 for windows. Based on the results of research before and after treatment, obtained the results of hypothesis test were t hitung > t tabel or 19, 477 > 1,83311, then H0 rejected it can be concluded that there is an upgrading of self confidence that achieved by positive reinforcement for students of VII grade SMP Negeri 7 Tarakan in academic year 2018/2019. Keywords: Positive Reinforcement, Self Confidence