
Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Kedisplinan Siswa Di SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Nureni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Tarakan dengan subjek penelitian guru bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian adalah ada peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa melalui layanan bimbingan dan konseling, seperti: layanan klasikal dan konseling individu.
Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Siswa
This study aims to describe the role of teacher guidance and counseling in overcoming the problem of student discipline. This type of research is descriptive qualitative research. This research was conducted at 11 Tarakan Public Middle School with the research subject teacher guidance and counseling. Data collection techniques used were interviews and documentation. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation and conclusion. The results of the study are there is the role of teacher guidance and counseling in overcoming the problem of student discipline through guidance and counseling services, such as: classical services and individual counseling. Keywords: Role of Teacher Guidance and Counseling, Student Discipline