
Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2018/2019
Pengarang : Sufriadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Apakah Terdapat Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Setelah Diberikan Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Pre-Eksperimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Dan Populasi Sebanyak 281 Siswa Serta Jumlah Sampel Dari Hasil Purposive Sampling Sebanyak 30 Siswa Di Kelas VII. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Angket Kemampuan Mengemukakan Pendapat Dengan Skala Likert. Teknik Analisis Yang Digunakan Adalah Teknik Analisis Statistik Deskriptif Untuk Menguji Rata-Rata Skor Perubahan Sebelum Dan Setelah Diberikan Perlakuan Yakni Sebesar 32.83 Menjadi 36.60 Dan Teknik Analisis Statistik Inferensial Untuk Menguji Hipotesis Menggunakan Uji Paired Sample Test Dengan Bantuan Program SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Setelah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig= 000 < ?=0.05 Yang Berarti Bahwa H0 Ditolak, Maka Dari Itu Dapat Disimpulkan Bahwa Terdapat Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Setelah Diberikan Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Talking Stick
This Study Aims To Determine Whether There Is An Increase In The Ability To Express Student Opinions After Being Given The Talking Stick Method To Class VII Students Of SMP Negeri 5 Tarakan In The Academic Year 2018/2019. This Type Of Research Is A Pre-Experimental Design With The Form Of One Group Pretest-Posttest And A Population Of 281 Students And The Number Of Samples From The Results Of Purposive Sampling As Many As 30 Students In Class VII. Data Collection Techniques Use Questionnaires The Ability To Express Opinions With A Likert Scale. The Analysis Technique Used Is Descriptive Statistical Analysis Techniques To Test The Average Score Of Changes Before And After Being Given Treatment That Is Equal To 32.83 To 36.60 And Inferential Statistical Analysis Techniques To Test Hypotheses Using Paired Sample Test With The Help Of SPSS 22.0 For Windows. Based On The Results Of The Research Before And After Giving Treatment, The Results Of Calculation Of Hypothesis Testing With Probability-Based Decision Making Obtained Asymp Sig = 000. Keywords: Ability To Express Opinion, Talking Stick