Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Online Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Online Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Tarakan

Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Online Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IX SMPN 5 Tarakan

Pengarang : Krismawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara online di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas IX SMPN 5 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket, dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMPN 5 Tarakan. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX SMPN 5 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa yang diambil menggunakan teknik klaster sampling / cluster sampling. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan tentang persepsi siswa kelas IX terhadap pembelajaran matematika secara online di masa pandemi Covid-19 di SMPN 5 Tarakan tahun 2022 masuk dalam kategori cukup baik, dengan pertimbangan frekuensi pada faktor internal terbanyak terletak pada kategori cukup baik dengan jumlah 32 siswa atau 35,56 %, dan frekuensi pada faktor eksternal terbanyak terletak pada kategori cukup baik dengan jumlah 29 siswa atau 32,22 %.

Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Online, Matematika, Siswa

This study aimed to determine perceptions of ninth-grade SMPN 5 Tarakan students towards learning math online during the covid-19 pandemic. This study used a survey method for a quantitative descriptive investigation. In this study, data were gathered through the use of a questionnaire, and percentage descriptive statistics were employed in the data analysis. This study was conducted among grade IX students at SMPN 5 Tarakan during the odd semester of the 2021-2022 academic year. The population in this study was grade IX students of SMPN 5 Tarakan. The sample in this study amounted to 90 students who were taken using a cluster sampling technique. The results of the overall perception survey, which included 32 students, or 35.56% of the total, showed that the frequency of internal factors was mostly in the fairly good category, while the highest frequency of external factors was found in the good enough category, which included 29 students, or 32.22% of the total. Keywords: Perception, Online Learning, Mathematics, Students

Detail Informasi