Pengaruh Teknik Bermain Peran Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Bermain Peran Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Teknik Bermain Peran Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Muhammad Maslan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Bermain Peran Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa. Penelitian Ini Menggunakan Metode Pre-Experimental Dengan Desain One Group Pretest Posttest. Subyek Penelitian Ini Adalah 8 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Adapun Proses Pengambilan Subjek Menggunakan Kriteria-Kriteria Tertentu. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Berupa Skala, Dan Observasi Untuk Memperoleh Data Identitas Subyek. Sementara Itu Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif Dan Analisis Inferensial.
Hasil Pengujian Hipotesis Menggunakan Analisis Paired Sample Test Independent Sample T Test Menunjukkan Adanya Perubahan Sikap Nasionalisme Setelah Rangkaian Proses Yang Diberikan Ditunjukkan Dengan Siswa Mengalami Peningkatan Sikap Nasionalisme Dari Rendah Menjadi Sedang Atau Tinggi.

Kata Kunci: Sikap Nasionalisme, Teknik Bermain Peran

The Purpose Of This Research Was To Determine The Effect Of Role Play Technique In Student Nationalism Attitude. The Method Which Used Preexperimental Design With One Group Pretest Posttest Design. The Subject In This Research Were Eighth Grade Students Of SMP N 5 Tarakan. The Process Of Taking Thr Subject Using Certain Criteria. Data Collection Technique Oh Analysis Data Were Descriptive Analysis And Inferensial Analysis. The Result Of Hypothesis Test Was Using Paired Sample Test Independent Sample T Test Showed That There Is A Change In Attitude Towards Students Nationalism Attitude After A Series Of Processes Have Been Carried Out Showed That The Student Was Experiencing An Increase In Nationalsm Attitude Froom Low To Medium Or High.Test Shows There Was A Change In Assertive Behavior After A Given Set Of Processes Was Shown By Student Experiencing A Reducation In Assertive Behavior From High Or Being Low Or Moderate. Keywords: Role Play Thechnique And Nationalism Students Attitude

Detail Informasi