
Analisis Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) Guna Optimalisasi Distribusi Ikan Bandeng Untuk Kesejahteraan Petani Tambak
Pengarang : Chandra Kurniawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Supply chain management (SCM) merupakan strategi yang mengacu pada tindakan dalam organisasi, dan jumlah bisnis dalam rantai pasok guna mendukung fungsi pribadi sistem jangka panjang dan rantai pasok secara total. Implementasi Supply Chain Management telah banyak terjadi, misalnya seperti mengaitkan penyuplai sebagai rekan kerja dalam fase penyuplai bahan baku, menjalin hubungan baik dengan pelanggan untuk memberi kesenangan terhadap konsumen, serta pemberian informasi mengenai peningkatan barang baik dengan penyuplai ataupun pelanggan, dan taktik berkompetisi guna mewujudkan tolak ukur taraf operasional untuk menyerahkan kepercayaan mutu barang yang cocok dengan pasar. Oleh karena itu pola distribusi rantai pasok ikan bandeng, sebaiknya para anggota rantai pasok melakukan kesepakatan waktu, kuantias, dan kualitas agar aliran produk, finansial, dan informasi lebih tertata dengan baik. Model Supply Chain Ikan bandeng yaitu nelayan menyalurkan ikan bandeng ke pedagang besar. Dari pedagang besar kemudian ikan dipasok ke pedagang kecil/pengecer yang ada di pasar-pasar tradisional. Kemudian dari pedagang kecil/pengecer ikan bandeng dibeli langsung oleh konsumen akhir yang datang ke pasar. Penelitian ini di lakukan pada tambak milik Bapak Rahman dengan observasi dan wawancara yang kemudian hasilnya akan di analisis dan di peroleh informasi apakah penerapan Supply Chain Management yang di terapkan pada sistem distribusi ikan bandeng telah optimal atau tidak.
Supply chain management (SCM) is a strategy that refers to actions within the organization, and the number of businesses in the supply chain to support the long-term personal functioning of the system and the supply chain as a whole. The implementation of Supply Chain Management has occurred a lot, for example, linking suppliers as partners in the raw material supply phase, establishing good relationships with customers to give pleasure to consumers, as well as providing information about improving goods both with suppliers and customers, and competing tactics to realize rejection. measure the operational level to provide confidence in the quality of goods that match the market. Therefore, the distribution pattern of the milkfish supply chain, supply chain members should agree on time, quantity, and quality so that the flow of products, finances, and information is more well-organized. Milkfish Supply Chain Model, where fishermen distribute milkfish to wholesalers. From the big traders, the fish is then supplied to small traders/retailers in traditional markets. Then from small traders/retailers milkfish is purchased directly by the final consumers who come to the market. This research was conducted on Mr. Rahman's pond with observations and interviews, the results of which will be analyzed and information obtained whether the implementation of Supply Chain Management applied to the milkfish distribution system has been optimal or not.