Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Siswa SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2019/2020 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Siswa SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2019/2020

Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Kematangan Emosi Siswa SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2019/2020

Pengarang : Andi Ersa Yulanda - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan Masalah Diambil Oleh Peneliti Adalah Apakah Terdapat Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dalam Meningkatkan Kematangan Emosi Siswa SMA Negeri 1 Tarakan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Kematangan Emosi Siswa SMA Negeri 1 Tarakan. Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Quasi Eksperimental Desain Dengan Desain Penelitian Nonequevalent Control Grup Desain. Skala Yang Digunakan Adalah Skala Likert Dengan Empat Kategori Yaitu “Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang, Dan Rendah”. Sampel Penelitian Adalah 64 Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarakan. Hasil Pengujian Hipotesis Menggunakan Analisis T-Test Menunjukkan Adanya Perbedaan Kematangan Emosi Setelah Rangkaian Proses Yang Diberikan. Hal Ini Dapat Ditunjukkan Dari Hasil Perhitungan Rata-Rata Nilai Post Test Pada Kelas Eksperimen Lebih Tinggi Yaitu Sebesar 77,06. Rata-Rata Kelas Kontrol Sebesar 69,66. Hasil Uji Paired T-Test Yang Didapat Pada Kelas Eksperimen Yaitu Sig.2 Tailed Sebesar 0,000 < 0,05 Yang Berarti Bahwa Terdapat Perbedaan Yang Signifikam Antara Nilai Pre Test Dengan Nilai Post Test. Sedangkan Hasil Uji Paired T-Test Pada Kelas Kontrol Yaitu Sig.2 Tailed Sebesar 0,215 > 0.05 Yang Berarti Bahwa Tidak Terdapat Perbedaan Yang Signifikan Antara Nilai Pre Test Dengan Nilai Post Test.

Kata Kunci: Kematangan Emosi, Layanan Penguasaan Konten

Formulation Of The Problem Is Taken By The Researcher Wether There Are Any Influence Of The Content Authority Service In Increasing The Emotional Maturity Students At SMA Negeri 1 Tarakan. This Study Aims To Find Out The Influence Of The Content Authority Service In Increasing The Emotional Maturity Students At SMA Negeri 1 Tarakan. The Research Method Used Quasi Experimental Design With Nonequivalent Group Control Research Design. The Scale Used Likert Scale With Four Categories Which Is “Very High, High, Moderate,, And Low. Research Samples Are 64 Students In XI Class SMA Negeri 1 Tarakan. The Results Of Testing Hypothesis Using T-Test Analysis Showed That There Were Significant Differences In Emotional Maturity After Given A Set Of Process. This Can Be Shown From The Results Of The Calculation Average Post-Test Scores In The Experiment Class More Higher Was 65,90. The Average Of Control Class Was 54,84. The Resukts Of Paired T-Test Which Be Obtained In The Experiment Class Was Sig.2 Tailed At 0,000 < 0,05 Which Means There Were Significant Differences Between The Pre Test Score And Post Test Score. Meanwhile The Result Of Paired Ttest In Control Class Was Sig.2 Tailed At 0,438 > 0.05 Which Means There Were Not Significant Differences Between The Pre Test Score And Post Test Score. Keywords: Emotion Maturity, The Content Authority Service

Detail Informasi