The Effectiveness Of Using Role Play Method To Improve Students’ Speaking Skill At The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effectiveness Of Using Role Play Method To Improve Students’ Speaking Skill At The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 6 Tarakan

The Effectiveness Of Using Role Play Method To Improve Students’ Speaking Skill At The Eighth Grade Students Of SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Leti Ekayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat keefektifan penggunaan permainan peran terhadap kemampuan bahasa Inggris pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 6 Tarakan tahun akademik 2017/2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan diuji menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Desain penelitian ini adalah penelitian pra eksperimental. Untuk mendapatkan data tersebut, peneliti menggunakan tes lisan yang berbentuk wawancara sebagai instrumen penelitian yang terdiri atas tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian ini adalah sebelum menggunakan metode permainan peran, nilai rata-rata dari kelas eksperimental adalah 48,71. Setelah menggunakan metode permainan peran, nilai rata-rata meningkat menjadi 63,41. Hal ini membuktikan bahwa permainan peran efektif untuk digunakan dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peneliti juga menggunakan t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil yang didapat menunjukkan nilai t-test adalah 15.973 sedangkan nilai t-table pada taraf signifikan 5% adalah 2.035. Itu berarti t-test lebih tinggi dibandingkan dengan t-table (ttest > ttable). Hal ini mengindikasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa, berdasarkan perbedaan nilai rata-rata antara tes awal dan tes akhir, metode permainan peran efektif untuk diaplikasikan dalam mengajar kemampuan berbicara dan berdasarkan t-test, penggunaan permainan peran mempunyai efek signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa.

The objective was to find out the effectiveness of using Role Play method to improve students’ speaking skill for the eighth grade students of SMPNegeri 6 Tarakan academic year 2017/2018. The sample in this research consists of 34 students of VIII E as an experimental class. The method that used in this research was quantitative research design and tested by using SPSS version 22.0. The design of this research was pre experimental design. To obtain the data, the researcher used speaking test in form of interview as the instrument of research, consisted of pretest and posttest. The result of this research before using Role Play method, the mean score of experimental class was 48.71. After using Role Play method, the mean score of experimental class increased to 63.41. It means that Role Play methodis effective towards students’ speaking skill. Then the value of t-test is 15.973while the value of t-table with significant 5% is 2.035. It means that t-test was higher than t-table (ttest > ttable). It indicated the null hypothesiswas rejected and the alternative hypothesiswas accepted. In conclusion, based on the difference of mean score between pre-test and post-test , role play method was effective to be applied in teaching speaking and based on t-test, using Role Play methodhad significant effect towards students’ speaking skill.

Detail Informasi