
The Effectiveness Of Using SQ3R Technique To Improve Students’ Reading Comprehension In Recount Text At The Eighth Grade Of SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Hesti Muliani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat keefektifan penggunaan SQ3R terhadap kemampuan bahasa Inggris pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 8 Tarakan tahun akademik 2017/2018. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas VIII – 5 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan diuji menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Desain penelitian ini adalah penelitian pra eksperimental. Untuk mendapatkan data tersebut, peneliti menggunakan tes lisan yang berbentuk wawancara sebagai instrumen penelitian yang terdiri atas tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian ini adalah sebelum menggunakan tehnik SQ3R, nilai rata-rata dari kelas eksperimental adalah 44,57. Setelah menggunakan tehnik SQ3R nilai rata-rata meningkat menjadi 67,43. Hal ini membuktikan bahwa SQ3R efektif untuk digunakan dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peneliti juga menggunakan t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil yang didapat menunjukkan nilai t-test adalah 9.800 sedangkan nilai t-table pada taraf signifikan 5% adalah 2.086. Itu berarti t-test lebih tinggi dibandingkan dengan t-table (ttest > ttable). Hal ini mengindikasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa, berdasarkan perbedaan nilai rata-rata antara tes awal dan tes akhir, tehnik SQ3R efektif untuk diaplikasikan dalam mengajar kemampuan membaca dan berdasarkan t-test, penggunaan permainan peran mempunyai efek signifikan terhadap kemampuan membaca siswa.
The purpose was to find out the significant effect of using SQ3R Technique to improve students’ reading comprehension for the eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan academic year 2017/2018. The sample in this research consists of 21 students of VIII – 5 as an experimental class. The method that used in this research was quantitative research design and tested by using SPSS version 22.0. The design of this research was pre experimental design. To obtain the data, the researcher used reading test in form of multiple choices as the instrument of research, consisted of pretest and posttest. The result of this research before using SQ3R technique, the mean score of experimental class was 44.57. After using SQ3R technique, the mean score of experimental class increased to 67.43. It means that SQ3R technique is effective towards students’ reading comprehension. Then the value of t-test is 9.800 while the value of t-table with significant 5% is 2.086. It means that t-test was higher than t-table (ttest > ttable). It indicated the null hypothesis was rejected and the alternative hypothesis was accepted. In conclusion, based on the difference of mean score between pre-test and post-test, SQ3R Technique was effective to be applied in teaching reading and based on t-test, using SQ3R Technique had significant effect towards students’ reading comprehension.