
The Effectiveness Of Using Numbered Heads Together To Teach Reading Comprehension On Recount Text To The Second Grade Of SMP Negeri 1 Sebatik Tengah
Pengarang : Herpiansyah Pramana Putra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Numbered Heads Together efektif dalam pengajaran pemahaman membaca di teks recount pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Sebatik Tengah. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Delapan di SMP Negeri 1 Sebatik Tengah. Jumlah populasi dari penelitian ini adalah 121 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII B yang terdiri dari 27 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pre-test, treatment dan post-test. Pada tahap pre-test, siswa diminta untuk menjawab test yang telah diberikan. Setelah pre-test, peneliti memberikan treatment. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan Numbereh Heads Together. Setelah diberikan treatment, siswa diminta untuk menjawab test yang telah diberikan pada tahap post-test. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara pre-test dan post-test. Ini dibuktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dalam pre-test adalah 50.37 dan hasil post-test adalah 67.41. Ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 17.04. Dari hasil perhitungan menggunakan paired samples T-test dapat diketahui bahwa nilai sig.2 tailed lebih kecil dibandingkan level of significant (0.000 < 0.05). Itu mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan Numbered Heads Together dalam pengajaran pemahaman membaca. Paired samples T-test telah dianalisis menggunakan SPSS version 22.0. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Numbered Heads Together memberikan efek dalam pengajaran pemahaman membaca pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Sebatik Tengah.
Objective of this research was to find out whether Numbered Heads Together technique effective in teaching reading comprehension on recount text at second grade of SMP Negeri 1 Sebatik Tengah. This research was conducting by usig pre experimental design. The population of this research was all of the second grader at SMP Negeri 1 Sebatik Tengah. The total of population were 121 students. The sample of this research was VIII B class that consisted of 27 students. The sample was chosen by using purposive sampling technique. The steps in this research were pre-test, treatment and post-test. In the pre-test, the students were asked to answer a test given. After gave the pre-test, the researcher gave the treatment. This class taught by using Numbered Heads Together. The treatment done, students were asked to answer a test given in the post-test. The result of this research showed that, there was different mean score between pre-test and post-test. It was proven by the result of the students’ mean score in pre-test was 50.37 and in post-test was 67.41. It showed that the improvement of the students’ mean score in experimental class was 17.04. From the result of computation using paired samples T-test showed that sig. (2 tailed) was lower than level of significant (0.000 < 0.05). It indicated that the alternative hypothesis (Ha) accepted and the null hypothesis (H0) rejected. Thus, there was a effect of using Numbered Heads Together in teaching reading comprehension. The Paired samples t-test was analyzed by using SPSS version 22.0. Overall, it concluded that Numbered Heads Together gave an effect in teaching reading comprehension to the second grade of SMP Negeri 1 Sebatik Tengah.