
National Examination Between Curriculum 2013 & School-Based Curriculum 2006 (Comparative Study In Junior High School At Tarakan Tengah)
Pengarang : Hendri Ari Sandy - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil ujian nasional SMPN mata pelajaran Bahasa Inggris di Kecamatan Tarakan Tengah yang berbeda kurikulum di tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Ada dua sekolah yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah Dokumen analisis yaitu data kolektif UN. Data yang dianalisis adalah nilai hasil ujian nasional SMPN 1 dan SMPN 4. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Pearson Correlation dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai test correlasi SMPN 1 adalah 0,177 dan SMPN 4 adalah 0,177. Nilai R-tabel dan R-test. Nilai R-tabel SMPN 1 adalah 0,113 dan nilai R-test adalah 0,177 dalam jumlah df 300. Kemudian SMPN 4 adalah 0,113 dan nilai R-test adalah 0,177 dalam jumlah df yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa R-test lebih tinggi dari pada nilai R-tabel (0,177 > 0,113). Dengan kata lain, hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternative (Ha) ditolak. Hasil analisis data membuktikan terkait ujian nasional antara sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 dan KTSP 2006 memiliki korelasi yang signifikan. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa kurikulum memberikan dampak dalam membantu siswa untuk menyelesaikan evaluasi setingkat nasional.
This research aims to know the differences of national exam results 228 United Kingdom Language subjects in Tarakan Tengah different curriculum in the school year 2017/2018. The method of this research is quantitative. Samples taken by using purposive sampling. There are two schools which are taken as samples in this research. Research instrument this is collective data analysis document that is UN. The data analyzed is the national examination score results SMP 1 and 4. In analyzing the data, researchers are using Pearson Correlation with SPSS 22. The results showed that the value of correlation is 1 SMP test 0.177 and SMP 4 is 0.177. The value of R-R-tables and tests. The value of R-table 228 1 is rated R and 0.113-0.177 test is in the number of df 300. Then the SMP 4 is rated R and 0.113-0.177 test is in the number of df. This suggests that R-test is higher than the value of the R-table (0.177 > 0.113). In other words, the null hypothesis (H0) received and the alternative hypothesis (Ha) was rejected. The results of the data analysis of national examination score related between curriculum 2013 and school – based curriculum 2006 has a significant correlation. Based on the results above, it can be concluded that the curriculum give effect in helping students to complete evaluation in national level.