
Pengaruh Gender Terhadap Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Di Kota Tarakan
Pengarang : Calvin Valentino - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Sebuah kelas yang heterogen terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan yang diberikan proses pembelajaran yang sama oleh guru. Siswa perlu mengetahui gaya belajar seperti apa yang dimilikinya sebagai upaya memaksimalkan potensi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gender terhadap kecenderungan gaya belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMA Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 siswa laki-laki dan 103 siswa perempuan SMA di Kota Tarakan kelas X MIA/MIPA. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket gaya belajar dengan skala likert. Data diperoleh berdasarkan hasil angket gaya belajar yang selanjutnya dianalisis dengan uji chi-square menggunakan program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gender terhadap kecenderungan gaya belajar siswa kelas X dengan nilai signifikansi 0,036 < 0,05. Persentase kecenderungan gaya belajar siswa laki-laki kelas X SMA di Kota Tarakan yang tertinggi yaitu 40% pada gaya belajar visual, sedangkan siswa perempuan memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial dengan persentase tertinggi sebesar 47%.
Kata Kunci : Pengaruh, Gender, Kecenderungan Gaya Belajar
Male and female students in a heterogenous class receive the same instruction from the teacher. In order to maximize their learning potential, studentsneed to be aware of their preferred learning style. The purpose of this study was to examine how gender affects class X students’ biology preferred learning style at high school in Tarakan city. This study employed a sampling method and quantitative, descriptive technique. The study sample consisted of 103 male and 103 female students of class X MIA/MIPA at high schools in Tarakan City. A likert-scaledlearning style questionaire was the method employed in this study. The collected data was analyzed using the chi-square test in the SPSS 20 for Windows program. The results showed that there was an effect of gender on the tendency of class X students’ learning styles with a significance value of 0.036 < 0.05. Female students had the highest percentage of auditory learning styles (47%) while male students had the largest percentage of visual learning styles (40%). Keyword: Effect, Gender, Learning Style Tendency