
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 005 Nunukan Selatan
Pengarang : Nurdiana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah materi pecahan siswa kelas V SD Negeri 005 Nunukan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa kemampuan pemecahan masalah yang berjumlah 4 soal. Wawancara dilakukan untuk lebih menggali kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa kategori sedang dan 2 siswa kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ditemukannya siswa berada pada kategori tinggi, hal ini ditunjukkan dengan siswa sebenarnya melakukan pemeriksaan kembali, namun siswa tidak menuliskan pada lembar jawaban. (2) subjek dengan kategori sedang tidak melakukan pemeriksaan kembali karena siswa hanya berada pada tahap melaksanakan rencana. (3) satu siswa dengan kategori sedang mampu mampu memecahkan masalah dengan baik, namun terdapat satu siswa yang tidak mampu menyusun dan melaksanakan rencana pada satu soal kemampuan pemecahan masalah materi pecahan. (4) siswa pada kategori rendah mampu memahami soal, namun tidak mampu menyusun rencana, menyelesaikan rencana dan memeriksa kembali.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita Pecahan
This study aimed to analyze and describe the problem-solving ability of the fifth grade students of SD Negeri 005 Nunukan Selatan. This research was conducted using descriptive qualitative methods. Data collection techniques are tests and interviews. The instrument used is the problem solving ability of four questions. Interviews were conducted to explore students' problem solving abilities further. The research subjects compriset two students in the medium category and two in the low category. The results showed that (1) there were no students in the high category, this was indicated by the students re-examining, but the students did not write on the answer sheet. (2) subjects with moderate categories did not re-examine because students were only at the stage of implementing the plan. (3) one student in the medium category could solve problems well. Still, one student could not formulate and implement plans on a problem-solving ability problem of fractional material. (4) students in the low category can understand the problem but cannot plan, complete the plan and re-examine. Keywords: Problem-Solving Ability Fractions Word Problems