Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 12 Tarakan

Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Penggunaan Aplikasi Google Classroom Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Novia Dani Pratiwi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa pada pembelajaran matematika terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom selama masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 12 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, siswa kelas VIII-1, VIII-2, dan VIII-3 dengan jumlah 93 siswa SMP Negeri 12 Tarakan tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah data collection, data reduction, data display, dan Conslusion Drawing/Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom mendapatkan respon positif pada kedua indikator yaitu penerimaan siswa terhadap aplikasi Google Classroom seperti media yang sesuai dengan yang siswa butuhkan, dapat diakses dengan mudah, cepat mendapatkan feedback dari guru, mengumpulkan tugas lebih cepat, tidak menguras paket data, meningkatkan peforma belajar, tidak membuat memori ponsel penuh, mudah memperoleh materi, tidak merasa bosan, menemukan kelas dengan cepat, mudah memperoleh notifikasi, dan mudah digunakan. Sedangkan tampilan dari aplikasi Google Classrom seperti, jelas dan mudah dipahami, menghemat waktu, membuat tertarik untuk belajar, lebih cepat diakses, menyediakan forum untuk diskusi, dapat menyematkan dokumen dan tuguas penting, penyimpanan ruangan yang besar dalam Google Drive, dan mempunyai fitur-fitur yang lengkap.

Kata Kunci: Respon Siswa, Aplikasi Google Classroom

The purpose of this study was to ascertain whether the use of google classroom application affected the students attitudes about learning mathematics during Covid-19 pandemic at SMP Negeri 12 Tarakan. This research was conducted using descripyive qualitative methods. purposive sammpling was used in study, witch focused on 93 students from classes VIII-1, VIII-2, and VIII-3 smp Negeri 12 Tarakan during the 2021-2022 academic year. this data was gathered by distributing questionnaires and conducting interviews. the analysis technique used is data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results revealed that both indicators for the use of google classroom application indicated that it was well received by students, including media that was tailored to their needs, was easily accessible, provied teachers' feedback quickly, allowed students to gather assignments more quickly, did not use up data packages, improved learniong performance, idi not fill up the phone's memory, made it easy to find classes quickly, and did not make students feel bored. While the google classroom application's interface was simple as easy to understand, it also had a number of benefits, including time savings, increased learining interest, quicker access, discussion forums, and the ability to embed significant documents and tasks, large space in Google Drive, and complete features. Keywords: Student Respon, Google Classroom Aplication

Detail Informasi