Penerapan Media Teka-Teki Silang (TTS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Sisiwa Kelas II Di SDN 029 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Media Teka-Teki Silang (TTS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Sisiwa Kelas II Di SDN 029 Tarakan

Penerapan Media Teka-Teki Silang (TTS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Sisiwa Kelas II Di SDN 029 Tarakan

Pengarang : Asmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan mnerapkan media Teka-Teki Silang. Jenis penelitian ini digunakan jenis penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran tahun pembelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian kelas II D yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan prosedur siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan media teka-teki silang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 029 Tarakan. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh nilai sebesar 64% siswa yang tuntas dari jumlah keseluruhan siswa, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 61% siswa yang tuntas, dan aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 78% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa mencapai nilai sebesar 82 % siswa yang tuntas dari hasil tes, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 82% siswa yang tuntas dan aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 89% siswa yang tuntas. Adapun hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa, aspek afektif dan aspek psikomotorik telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 029 Tarakan.

Kata Kunci: Media Teka-Teki Silang, Kemampuan Membaca Permulaan Dan Hasil Belajar

This study aimed to improve studensts’ initial reading skills by applying a crossword pussle media. This type of syudy, which used classroom action research in learning for the 2021-2022 academic year, involved as many as 28 students from class II D. This research was carried out in 2 cycles with cycle procedures consisting of planning, implementation, observation and reflection. The results of this study indicated that the application of crossword puzzle media could improve the reading ability of the second graders at SDN 029 Tarakan. From the total number of students who participated in the first cycle, the results of the students’ initial reading proficiency test yielded a score of 64% for the affective and psychomotor components, the results were 61% and 78% respectively. In the second cycle, the students’ initial reading proficiency increased , attaining a score of 82 percent of the overall student population: the scores for the affective and psychomotor components were 82 and 89 percent, respectively. Indicators of success were obtained from the test results of students’ initial reading proficiency, affective components, and psychomotor components. As a result, it was determined that this study was beneficial in enhancing the students’ basic reading abilities in the second grade at SDN 029 Tarakan.

Detail Informasi