Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MA Alkhairaat Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MA Alkhairaat Tarakan

Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MA Alkhairaat Tarakan

Pengarang : Deby Rahayu Utami - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MA Alkhairaat Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII semester genap tahun ajaran 2021/2022 di MA Alkhairaat Tarakan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kebiasaan belajar dan dokumentasi nilai PAS (Penilaian Akhir Semester). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MA Alkhairaat Tarakan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa yang diambil menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MA Alkhairaat Tarakan, dengan persamaan regresi Y ̂=26,879+0,536X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa kebiasaan belajar memberikan pengaruh sebesar 14,6% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MA Alkhairaat Tarakan.

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika

This study aimed to determine whether there is an effect of study habits on the mathematics learning outcomes of the XII grade students of MA Alkhairaat Tarakan. This research used a survey method. Class XII students at MA Alkhairaat Tarakan served as the study's subjects during the even semester of the 2021-2022 academic year. The method of data collection was carried out using a study habit questionnaire and documentation of PAS scores (End Semester Assessment). The population in this study were all class XII students of MA Alkhairaat Tarakan. The sample in this study amounted to 33 students who were taken using the Saturated Sampling Technique. The results showed that there was an effect of study habits on the mathematics learning outcomes of the XII grade students of MA Alkhairaat Tarakan, with the regression equation Y =26,879+0,536X. Based on the results of the calculation of the coefficient of determination, it was known that study habits had an effect of 14.6% on the mathematics learning outcomes of class XII students of MA Alkhairaat Tarakan. Keywords: Study Habits, Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi