Peran Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V-A Di SDN 017 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V-A Di SDN 017 Tarakan

Peran Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V-A Di SDN 017 Tarakan

Pengarang : Nurandini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa kelas V-A di SDN 017 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini adalah peran guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa kelas V-A di SDN 017 Tarakan. Sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V-A SDN 017 Tarakan telah melaksanakan perannya yaitu: (1) peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa mengerjakan tugas sudah berjalan dengan baik, guru dapat melakukan dengan menggunakan metode pembelajaran penugasan untuk memberikan tugas kepada siswa agar dapat mengetahui kedisiplinan belajar siswa yaitu mengumpulkan tugas tepat waktu (2) peran guru sebagai model dan teladan dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa disiplin masuk sekolah dan disiplin berpakaian sudah berjalan dengan baik, guru dapat memberikan contoh yang baik bagi siswa dengan datang ke sekolah tepat waktu dan cara berpakaian guru rapi, sopan dan sesuai dengan jadwal. Sehingga siswa akan mencontohkan guru untuk datang kesekolah tepat waktu dan berpakaian seragam dengan rapi, sopan dan sesuai dengan jadwal.

Kata Kunci:: Peran Guru, Kedisiplinan Belajar, Siswa

This study aimed to describe the teacher's role in instilling learning discipline in class V-A students at SDN 017 Tarakan. This research used descriptive qualitative method. The focus in this research was the teacher's role in instilling learning discipline in class V-A students at SDN 017 Tarakan. The study’s primary and secondary data sources were from teachers and students who served as informants. The data collection methods employed were observation, interviews, and documentation in addition to the use of qualitative data analysis methods through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the class V-A teacher at SDN 017 Tarakan had performed their duties, which included: (1) fostering student learning discipline, demonstrating that working on assignments had gone well and that teachers could use the assignment learning method to give assignments to students in order to discover student learning discipline, such as collecting assignments on time; (2) The teacher’s position as a model and role model in teaching student learning discipline, school entry discipline, and clothing discipline has gone well, and teachers could provide a good example for students by being at school on time and dressing in a neat, polite, and on-time manner. Students could thus serve as role models for teachers by arriving at school on time, dressing in their uniforms neatly and courteously, and following the timetable. Keywords: Teacher's Role, Learning Discipline, Students

Detail Informasi