
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Materi Hubungan Antar Satuan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V SDN 004 Tarakan
Pengarang : Rahmia Ramli - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa komik dengan kriteria kevalidan ditinjau dari ahli materi, ahli media dan ahli guru, kepraktisan ditinjau dari angket respon siswa serta keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penilaian kevalidan media pembelajaran komik terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli guru. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 4,75 ahli materi 4,21 Hasil validasi ahli media dan materi menunjukkan bahwa media pembelajaran komik sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket guru dan siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan siswa terhadap media pembelajaran komik berada pada kategori sangat praktis dan hasil belajar siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat keefektifan menunjukkan bahwa media pembelajaran komik berada pada kategori efektif. Kriteria media komik dikatakan valid, praktis dan efektif apabila media komik telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan pada penelitian ini.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik
This research aimed for to produce comic-learning media with the following criteria: validity from material experts, media experts and practitioners’ perspectives; practicality from students response-questionnnaire’s perspectives; and effectiveness from student learning outcome’s persepctive. The type of research used was Research and Development (R&D). The development model used referred to the ADDIE development model consisting of five stages of research.: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The comic-learning media validity was assessed by media experts, material experts, and practitioners. The validity from media experts was 4,75 from material experts was 4,21. The validity results from media experts, material expert showed that comic-learning media are greatly valid for use in learning process. The results from questionnaires on limited trials and field trials showed that students’ learning outcome in limited trials and field trials indicated comic-learning media were of effective category. The comic-learning media criteria were declared valid, practical and effective in the comic-learning media met the research’s predetermined criteria. Keywords: Research and Development, Learning Media, Comics