Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Kelas 1-C Di SD Negeri 049 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Kelas 1-C Di SD Negeri 049 Tarakan

Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Kelas 1-C Di SD Negeri 049 Tarakan

Pengarang : Dwi Roiyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup empat keterampilan berbahsa, dari ke-empat keterampilan tersebut terdiri dari keterampilan berbicara, menulis, membaca dan menyimak. Pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah memfokuskan pada keterampilan membaca dan menulis. Pembelajaran membaca di kelas rendah disebut membaca permulaan. Membaca permulaan terdiri dari mengenal huruf, membaca suku kata, membaca kata, kelancaran membaca, dan membaca pemahaman. Dari permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 049 Tarakan terkait rendahnya kemampuan membaca siswa sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat siswa dalam membaca permulaan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan instrumen tes membaca permulaan, wawancara orang tua dan guru kelas, serta dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat membaca permulaan diantaranya yaitu: faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis.

Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Permulaan, Faktor Penghambat, dan Penelitian Kualitatif

Indonesian language subjects cover four languange, of which the four skills consist of speaking, writing, reading and listening skills. In learning Indonesian in lower grades, it focuses on reading and writing skills. Learning to read in lower grades is called pre-reading. Baginning reading consists of recognizing letters, reading syllables, reading words, reading fluency, and reading comprehension. From the problems found in SD Negeri 049 Tarakan related to the low reading ability reading by using descriptive qualitative research methods that used pre-reading test instruments, interviews with parents and classroom teachers, as well as documentation. The data were examined using data reduction, data presentation, and conclusion-making. The study’s findings suggested that psychological, intellectual, environmental, and physiological variables all contributed to the inhibition of early reading. Keywords: Early Reading Learning, Inhibiting Factors, Qualitative Research

Detail Informasi