Studi Evaluasi Kinerja Antrian Pada Saat Check In Di Bandar Udara Juwata Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Evaluasi Kinerja Antrian Pada Saat Check In Di Bandar Udara Juwata Tarakan

Studi Evaluasi Kinerja Antrian Pada Saat Check In Di Bandar Udara Juwata Tarakan

Pengarang : Rahmat Hidayat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2010
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bandar udara Juwata Tarakan merupakan pintu masuk ke kota Tarakan yang aktif melayani penerbangan domistik dan internasional. Aktifitas penerbangan belakangan ini cenderung meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk, begitupun kondisi pada terminal penumpang terjadi peningkatan jumlah penumpang di setiap keberangkatan pesawat. Kinerja terminal penumpang ini diantaranya pelayanan penumpang di loket chek in, pada saat penimbangan barang, sampai menuju ruang tunggu penumpang. Dimana sering terjadi antrian yang panjang pada saat akan melakukan proses check in. Untuk meminimalisir antrian panjang pada saat melakukan check in, maka perlu digunakan metode antrian yang tepat, salah satu metode yang sering digunakan adalah analisa metode antrian tunggal. Analisa dimulai dengan melakukan pengamatan jumlah penumpang, waktu pelayanan dan panjang antrian pada saat waktu proses check in. Dari hasil analisa waktu rata – rata penumpang menunggu dalam sistem ( d ) berkisar 108 – 504 detik, sedangkan penumpang menunggu dalam antrian berkisar 84 – 517. 5 detik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi