Penerapan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Guna Penguatan Karakter Peserta Didik Di SDN Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Guna Penguatan Karakter Peserta Didik Di SDN Utama 2 Tarakan

Penerapan Manajemen Budaya Dan Lingkungan Sekolah Guna Penguatan Karakter Peserta Didik Di SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Hasna Dewi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN Utama 2 Tarakan. Penelitian ini berfokus pada penerapan manajemen budaya dan lingkungan sekolah guna penguatan karakter peserta didik di SDN Utama 2 Tarakan. Sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, pengawas sekolah, komite sekolah, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen budaya dan lingkungan sekolah guna penguatan karakter peserta didik di SDN Utama 2 Tarakan 1) menerapkan prinsip berkelanjutan melalui kegiatan program sekolah adiwiyata yang terwujud dengan adanya rumah sehat hidroponik dan program pengembangan budaya bersih, penciptaan lingkungan sehat, indah, rindang, sejuk, tamanisasi dan budaya tata krama. 2) menerapkan prinsip terpadu melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang teintegrasi dengan penguatan pendidikan karakter (PPK) sesuai budaya dan lingkungan sekolah yang terlihat melalui poster budaya SDN Utama 2 Tarakan menerapkan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dilingkungan sekolah. 3) menerapkan prinsip konsisten dapat dilihat melalui penerapan budaya 5S dalam pembelajaran secata daring melalui grup whatsapp dan video pembelajaran pada aplikasi youtube. Semua pembelajaran yang dilakukan secara daring dapat dilihat pada laporan pelaksanaan dari rumah. 4) menerapkan prinsip implementatif dengan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif melalui pepohonan yang rindang dan penerapan protokol kesehatan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi peserta didik maupun seluruh warga sekolah. 5) menerapkan prinsip menyenangkan yang dilaksanakan dengan menciptakan suasana yang menyenangkan pada kegiatan pembelajaran dapat dilihat melalui kreasi peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Manajemen Budaya, Lingkungan Sekolah, Karakter

This qualitative research was conducted in SDN Utama 2 Tarakan. This research focused on the application pf school cultural and envronmental management to strengthen student's character in SDN Utama 2 Tarakan. The research's sources of data were primary and secondary data, with informants covering school principal, school supervisor, school committee, homeroom teacher and students. The data were collected through interview, observation, and document study. A qualitative data analysos technique was employed through data reduction, data presentation, and conclusion making. The research results indicated that the application of school cultural and environmental management to strengthen students' character in SDN Utama 2 Tarakan 1) applies the sustainability principle through the Adiwiyata school program activities as realized through a healthy hydroponic house and a clean cultural development program, creating a healthy, beautiful, shady, cool environment, garden and manners culture; 2) implements integrated principles through an integrated learning implementation plans (RPP) with character education strengthening (PPK) according to the school culture and environment as observable through the cultural posters of SDN Utama 2 Tarakan in application of 5S culture (Smile, Greetings, Casual Greetings, Politeness, and Courtesy) in school environment; 3) applies consistent principles as observable through the application of 5S culture in online learning through Whatsapp groups and learning video on the Youtube application. Any online learning could be done from home; 4) applies the implementation principles by creating a conducive school environment with shady trees and health protocols aplivcation for students and all school members' comfort and safety; and 5) applies the fun principle by creating a pleasant atmosphere for learning activities as observable through student's creativity in the learning process. Keywords: Cultural Management, School Environment, Character

Detail Informasi