
Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP/MTs Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
Pengarang : Kasmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP/MTs pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Alkhairaat Tarakan tahun ajaran 2018/2019, dan sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest, lembar keterlaksanaan model dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel, Software SPSS ver 22.0 for windows dan Software Anates Ver 4.0.9. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Alkhairaat pada materi klasifikasi makhluk hidup, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 4,014 lebih besar dari ttabel 1,697.
The purpose of this study is to determine the effect of the Problem Based Instruction on learning outcomes of class VII SMP/ MTs Students on classification of living things. This research is quasi experiment and the population is all seventh grade student of MTs Alkhairaat Tarakan in the year of 2018/2019, while the sample is class VII A as the experimental class A and the class B as the control. The sampling was carried out with purposive sampling. Data is collected using pretest and posstest, model implementation sheet and documentation. Data was analyzed using Microsoft excel, SPSS software Ver 22.0 for windows and Anates software ver 4.0.9. Based on data analysis it can be concluded that the Problem Based Instruction influences learning outcomes of VII Grade students at MTs Alkhairaat on classification of living things, because of the value of the t-count obtained at 4,014 greater than table 1,697