Identifikasi Masalah Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Masalah Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Negeri 2 Tarakan

Identifikasi Masalah Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Fitriati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apa saja masalah guuru dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pendemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Tarakan; dan (2) mengetahui bagaimana solusi mengatasi masalah guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 2 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru biologi kelas X, XI dan XII SMA Negeri 2 Tarakan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa guru Biologi Kelas X, XI, XII di SMA Negeri 2 Tarakan mengalami masalah saat proses pembelajaran daring baik pada proses persiapan, pelaksanaan maupun penilaian. Dari segi perencenaan, dibagian apersepsi guru-guru cukup mendapatkan hambatan yaitu siswanya tidak merespon pertanyaan awal yang diberikan, pemberian motivasi diawal pembelajaran juga mngalami hambatan yaitu siswa kurang merespon, hal ini disebabkan karena siswanya tidak dipantau langsung jadi siswanya bingung, bengong dan kurang fokus. Dari segi pemlaksanaan, masalah yang ditemui adalah siswa kurang merespon saat pembelajaran berlangsung dan terkadang siswa/i hanya sekedar masuk dalam room meet tanpa mendengar penjelasan materi secara serius. Sedangkan masalah pada segi penilaian adalah siswa yang tidak mengikuti atau mengumpulkan tugas tepat waktu juga siswa yang mengerjakan tugas secara tidak maksimal sehingga nilai yang diperoleh cukup rendah.

Kata Kunci: Pembelajaran daring, Masalah guru, Biologi

This study aims to: (1) find out what the teacher's problems are in the implementation of online learning during the Covid-19 pandemic at SMA Negeri 2 Tarakan; and (2) knowing how to solve teacher problems in the implementation of online learning during the covid-19 pandemic at SMA Negeri 2 Tarakan. The method used in this research is qualitative method. The data was obtained based on the results of observations and interviews with biology teachers in class X, XI and XII of SMA Negeri 2 Tarakan. The results showed that the Biology teachers of Class X, XI, XII at SMA Negeri 2 Tarakan experienced problems during the online learning process, both in the preparation, implementation and assessment processes. In terms of planning, in the apperception section, the teachers get enough obstacles, namely the students do not respond to the initial questions given, the motivation at the beginning of learning also experiences obstacles, namely students do not respond, this is because the students are not monitored directly so the students are confused, dumbfounded and less focused. In terms of implementation, the problem encountered is that students do not respond when learning takes place and sometimes students just enter the meeting room without seriously listening to the material explanation. While the problem in terms of assessment is students who do not follow or collect assignments on time as well as students who do not work optimally so that the value obtained is quite low.

Detail Informasi