
Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Jasa Pada Salon Anggun Di Kota Tarakan
Pengarang : Syarifah Mujeddah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2010XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk jasa pada Salon Anggun di Kota Tarakan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka pengumpulan informasi tentang pengaruh kepuasan konsumen terhadap produk jasa pada Salon Anggun pada tahun 2010. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan data-data yang berasal dari pihak salon dan para konsumen diperoleh dengan cara membagikan daftar pertanyaan/kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode “ Nilai Faktor Tertimbang “. Dari hasil analisis dengan menggunakan alat analisis yang ada dapat disimpulkan bahwa tingkat produk jasa masing-masing indikator adalah Produk jasa karyawan yang akurat sebesar 0,330. Keterampilan karyawan sebesar 0,403. Tingkat harga yang direkomendasikan sebesar 0,419. Fasilitas dan peralatan yang digunakan sebesar 0,408. Kualitas produk jasa yang diberikan sebesar 0,421. Keramahan karyawan dalam memberikan produk jasa sebesar 0,416. Kemampuan karyawan dalam membantu memilih bentuk produk jasa sebesar 0,401 dan Komunikasi karyawan sebesar 0,455. Indikator produk jasa yang belum optimal adalah produk jasa karyawan yang akurat. Tingkat produk jasa yang diberikan oleh Salon Anggun kepada konsumennya cukup memuaskan. Sedangkan hipotesis yang diajukan dapat diterima karena nilai Ni = 3,253 sedangkan hipotesis yang diajukan adalah Ni = 3.
Target of this research is to know whether the level of consumer satisfaction is with the product in the Anggun Salon services at City Of Tarakan. This research was conducted in order to collect information about the analysis of the effect of customer satisfaction with services at the salon products Anggun in the year 2010. To achieve these objectives we need the data, from the salon and the customer where coming from salon and the consumers is obtained by distributing a list of questions/questionnaire then analyzed using the “ Value of the Weighted Factor “. From the results of analysis using existing analysis tools, it can be concluded as follows because level of service product each indicator is Products accurate employee services equal to 0,330. Employee skills of equal to 0,403. The recommended price level equal to 0,419. Facilities and equipment used equal to 0,408. The product quality of services provided equal to 0,421. Friendliness of employees in providing product and services equal to 0,416. The ability of employees to help select the form of product and service equal to 0,401. Employee communications equal to 0,455. Indicators are not optimal services product is the product of accurate employee services. Product level services provided by Salon Anggun to their customers well enough. While raised hypothesis also can be accepted by because the value of Ni = 3,253, while hypothesis the raised is Ni = 3.