
Analisis Break Event Point Pada Penjualan Jasa Kamar Hotel Grand Taufik Di Tarakan
Pengarang : Ery Riswanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2010XML Detail Export Citation
Abstract
Hotel Grand Taufiq di Tarakan merupakan salah satu usah jasa perhotelan yang kegiatan usahanya menjual kamar dengan 3 jenis kamar yaitu Standar, Executive, dan Deluxe. Tujuan penelitian adalah merencanakan laba dengan menggunakan analisis Break Even Point hubungannya dengan analisis Biaya, Volume, dan Laba pada Hotel Grand Taufiq di Tarakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dalam menentukan rencana laba· yang ingin dicapai pada periode yang akan datang. Dalam hal ini, Hotel Grand Taufik dapat menetapkan keputusan lain dan direncanakan dengan lebih baik untuk mencapai target laba yang diinginkan. Hotel Grand Taufiq dalam pengambilan keputusan perencanaan laba belum menggunakan metode tertentu, sehingga perlu diterapkan metode analisis Break Even Point agar diketahui hasil penjualan yang harus dicapai untuk memenuhi target laba yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat dilihat bahwa hasil penjualan kamar untuk tahun 2008 sebesar Rp. 694.555.000,- dengan laba bersih sebesar Rp. 59.614.299,- dan Break Even Point pada Rp. 605.602.027,- sedangkan hasil peramalan penjualan kamar tahun 2009 s besar Rp. 711.075.000, dengan laba bersih Rp. 49.964.847,- dan Break Even Point pada Rp. 633.711.614,-. Berdasarkan analisis tersebut dan dipadukan dengan hipotesis yang dikemukakan maka hipotesis diterima. Hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa perencanaan laba yang dilakukan Hotel Grand Taufiq dengan cara menetapkan harga jual seperti tahun sebelumnya dan memproyeksikan beberapa biaya akan mengalami kenaikan maka akan mempengaruhi penurunan laba dan peningkatan BEP.
Grand Taufiq Hotel in Tarakan represent one of the take careing hotel service which is its business activity sell room by 3 room type that is Standard, Executive, and Deluxe. Target of research is to plan profit by using analysis of Break its Even Point relation with cost analysis, Volume, and Profit at Grand Taufiq Hotel in Tarakan as basis for decision making in determining profit plan which wish to be reached by at period to come. In This Case, Hotel of Grand Taufik can specify other decision and planned eminently to reach wanted profit goals. Grand Taufiq Hotel in decision making of planning of profit not yet used certain method, so that require to be applied by method analyse Break Even Point so that known by sales revenue which must reach to fulfill profit goals which have been determined. Pursuant to result of solution and analysis, can be seen that room sales revenue for year 2008 equal to Rp. 694.555.000,- with net profit equal to Rp. 59.614.299,- and Break Even Point at Rp. 605.602.027,- while result of forecasting of sale of year room;chamber 2009 equal to Rp. 711.075.000, with net profit of Rp. 49.964.847,- and Break Even Point at Rp. 633.711.614,-. Pursuant to the analysis and allied with told hypothesis hence hypothesis accepted. Result of calculation above indicating that planning of done by profit is Grand Taufiq Hotel by pricing to sell like previous year and project some expense will experience of increase hence will influence degradation of profit and improvement of Break Even Point.