
Pengaruh Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Udang Pada PT. Tunas Nelayan Mandiri Di Tarakan
Pengarang : Suryani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2010XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya distribusi terhadap peningkatan penjualan udang pada PT. Tunas Nelayan Mandiri. Penelitian ini dilakukan dalam rangka pengumpulan informasi tentang biaya distribusi terhadap penjualan udang pada PT. Tunas Nelayan Mandiri di Tarakan Pada tahun 2008. Dengan menggunakan model regresi sederhana menghasilkan persamaan Y= 2.000.000.000 + 17X. Disimpulkan bahwa apabila PT. Tunas Nelayan Mandiri mengeluarkan biaya distribusi maka akan mempengaruhi penjualannya. Artinya apabila biaya distribusi naik maka hasil penjualan juga akan naik, begitu juga sebaliknya apabila biaya distribusi turun maka hasil penjualan juga akan turun sampai pada batas tertentu. Berdasarkan hasil koefisien korelasi diperoleh angka sebesar 0,836 dapat disimpulkan ada hubungan yang positif antara biaya distribusi yang dikeluarkan dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi yang mendekati 1. Berdasarkan hasil koefisien determinasi maka diperoleh hasil sebesar 0,699 atau 70% dari jumlah penjualan sedangkan 30% dipengaruhi factor lain selain biaya distribusi. Uji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini pengaruh biaya distribusi terhadap penjualan terbukti dan dapat diterima, dengan menggunakan uji-t menghasilkan t hitung sebesar 4,814 sedangkan t tabel sebesar 2,228 dengan tingkat kesalahan = 5%, dengan demikian t hitung > t tabel ( 4,814 > 2,228 ).
Target of this research is to know influence of expence distribution costs on increased sales of shrimp at PT. Tunas Nelayan Mandiri. This research was conducted in order to gathering of information on distribution costs to sales of shrimp at PT. Tunas Nelayan Mandiri in Tarakan In the year 2008. By using a simple regression model yield the equation Y = 2.000.000.000 + 17X. Concluded that if the PT. Tunas Nelayan Mandiri distribution costs will affect sales. That means if the cost of distribution up the sales results will also be increased, on the contrary, if the cost of distribution down the sales results will also be decreased to some extent. Based on the results of the correlation coefficient of 0.836 was an obtained figure can be concluded there is a positive relationship between distribution costs incurred evidenced by correlation coefficients approaching 1. Based on the results obtained by the determination coefficient of 0.699 or 70% of total sales, while 30% influenced by other factors other than distribution costs. Hypothesis testing proposed in this study the effect of distribution costs to sales proven and acceptable, using t-test resulted t count amounted to 4.814 while t table of 2.228 with = 5%, an error rate, so t count > t table (4.814> 2.228).